KONSEP PENDIDIKAN GLOBAL PADA PEMBELAJARAN IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan global berperan penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan membekali peserta didik wawasan luas, keterampilan berpikir kritis, serta pemahaman tentang isu-isu global. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan global dapat diimplementasikan melalui diskusi interaktif, studi kasus, teknologi digital, dan kolaborasi internasional. Selain meningkatkan pemahaman akademik, pendidikan global juga berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi. Dalam skala mikro, pendidikan ini mendorong kewirausahaan dan kesiapan tenaga kerja yang kompetitif, sedangkan dalam skala makro, meningkatkan daya saing nasional serta mendukung inovasi dan ekonomi berkelanjutan. Dengan demikian, pendidikan global dalam IPS menjadi strategi penting dalam membentuk individu yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang inklusif.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44-52.
Baikuna, L., Hidayatuloh, M. F., Rizal, M. F., Fitria, N., Anjelina, N. U., Mahendra, M. R. E., ... & Nisak, A. Z. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(1), 102-115.
Harahap, N. F., Pangaribuan, M., Faisal, M. H., Marbun, T., & Ivanna, J. (2023). Peran pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa SMP 35 Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 157-166.
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi Keterampilan sosial. Jurnal penelitian, 9(1).
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.
Pebriana, P. H., Hasanah, S., Amalia, N., & Mufarizuddin, M. (2022). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1216-1221.
Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.
Pebriana, P. H., Hasanah, S., Amalia, N., & Mufarizuddin, M. (2022). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1216-1221.
Taali, M., Darmawan, A., & Maduwinarti, A. (2024). Teori dan Model Evaluasi Kebijakan: Kajian kebijakan kurikulum pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.