IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG DIPERSONALISASI BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran. Salah satu pendekatan inovatif yang kini berkembang adalah pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI, di mana sistem pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI melalui studi literatur terhadap berbagai jurnal ilmiah nasional dan internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan melalui peningkatan keterlibatan belajar, efektivitas materi yang sesuai kebutuhan, serta pemantauan perkembangan belajar secara real-time. Meskipun demikian, tantangan seperti kesiapan infrastruktur, pelatihan guru, dan keamanan data menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam implementasinya. Pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI dinilai sebagai solusi potensial dalam menciptakan pendidikan yang lebih adil, adaptif, dan relevan dengan tuntutan abad ke-21.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256–266. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.844
Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152
Bustomi, A. (2023). Teknologi Pendidikan Berbasis Atificial Inteligence ( AI ) (Issue October).
Labobar, J. (2024). ARTIFICIAL INTELLIGENCE : Tantangan Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 6(1), 63–75. https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.5224
Nadila, D., & Septiaji, A. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan (Ai) Sebagai Media Pembelajaran.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 100–104. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1050%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/1050/770
Patty, J., & Lekatompessy, J. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(3), 18–24. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.726
Siang Tangkearung, S., Palimbong, R., Maramba’, S., Program, ), Pendidikan, S., Sekolah Dasar, G., Kristen, U., & Toraja, I. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/2613
Yahya, M., Otomotif, P. T., & Elektro, W. T. (2023). Prosiding Seminar Nasional Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, 190–199. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index