PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT DENGAN BERBANTU MEDIA WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 100302 PARGARUTAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Paikem Gembrot dengan berbantu media word square terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 100302 Pargarutan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dan dengan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 100302 Pargarutan dengan jumlah 25 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,060 > 0,05 dan posttest sebesar 0,080 > 0,05. Uji homogenitas juga menunjukkan bahwa data bersifat homogen dengan nilai signifikansi sebesar 0,155 > 0,05. Analisis data menggunakan uji t (dependent sample test) menghasilkan thitung sebesar 11,882 > ttabel 2,063. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 memperkuat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Paikem Gembrot berbantu media Word Square berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SDN 100302 Pargarutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aulannisa, A., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Paikem Gembrot terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 197–204.
Arimawati, N. J., Iksan, D. M., Kunci, K., Gembrot, P., Kata, P., Dan, M., & Belajar, H. (2023). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terintegrasi Word Square Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294.
Iswati, H. D., & Rois, N. K. A. (2023). “Paikem Gembrot In English Language Teaching For Young Learners: A Narrative Inquiry Of Teachers’’ Experience".” Wiralodra English Journal, 7(1), 133–150
Julaeha, S., Erihardiana, M., Miftahul Khoer El-Istohari, Y., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2022). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan Ham Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Lena, M., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3)
Lottung, R. (2021). Memahami tentang model, strategi, metode, pendekatan, teknik, dan taktik. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63-75.
Magdalena, I., Septianti, N., Barlianty, L., & Farawansya, S. A. (2020). Penerapan Model Pembelajan Paikem Gembrot di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SDN Kedaung Barat IV. Edisi : Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 348-365.
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 35–40.
Nurhikmah, A., Madianti, H., Azzahra, P., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Gameeducandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar), Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 439–447.
Perwita Sari, S., & Aprilia, S. (2020). EJoES Educational Journal of Elementary School Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. In Educational Journal of Elementary School (Vol. 1).
Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., & Salmawati, A. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3), 3685-3692.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71.
Syahadati, E., Iqbal, M., Putra, R., Darajat, A., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Media Word Square Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. In Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1).
Thobroni (2016) Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta: Cetakan II
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.