PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI YAYASAN PENDIDIKAN SD SITI AMELIA

Isi Artikel Utama

Futri Pratiwi Munthe

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Yayasan Pendidikan SD Siti Amelia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi ekxperiment jenis nonequivalent control  group desain. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kela IVA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan  dan kelas IVB sebagi kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan penugasan. Data dikumpulkan melalui tes ptetest dan posttest serta dianalisis menggunakan uji t-test independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan yang menggunakan penerapan media buku cerita . siswa yang belajar menggunakan metode ini  mengalami peningkatan kemampuan membaca yang tinggi yaitu 86,21%  dibandingkan siswa pada kelas kontrol  yaitu 51,72. Berdasarkan analisis data diperoleh  nilai t-hitung lebih besar dari t- tabel (4,503> 2,048) dengan nilai sig (2-tailed) kurang dari 0,05 ( 0,001<0,05). Menurut hasil uji  hipotesis, hal ini menunjukkan  bahwa Ho  ditolak dan Hditerima, sehingga penerapan media buku cerita dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia  terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Munthe, Futri Pratiwi. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI YAYASAN PENDIDIKAN SD SITI AMELIA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2445–2455. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3042.
Bagian
Artikel

Referensi

Ambarita, R.S., Wulan, N.S., Wahyudi, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. . 3(5). 2336 – 2344

Frans, S. A., Widjaya, Y. A., & Ani, Y. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 55-68

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32.

Rafika, Nurma, Kartikasari M. Lestari, S. (2020): Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2 301-306..

Rukayah, Rosmala, Radiah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Minat Membac. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(2),243-248. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung: Alfabeta