PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN PAPINTARNAS DI SD 3 WERGU WETAN

Isi Artikel Utama

Rika Tri Agustina
Ika Ari Pratiwi
Muhamad Rustanto
Amalia Dyah Pratiwi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devision dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi “Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya” melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devision di kelas V SD 3 Wergu Wetan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah : 1) Wawancara 2) Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devision dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya” di kelas V SD 3 Wergu Wetan. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari kenaikan persentase ketuntasan belajar, yaitu dari 60% pada siklus pertama dan menjadi 87% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan positif dalam pencapaian belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Agustina, Rika Tri, Ika Ari Pratiwi, Muhamad Rustanto, dan Amalia Dyah Pratiwi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN PAPINTARNAS DI SD 3 WERGU WETAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2604–2615. Diakses Desember 27, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3057.
Bagian
Artikel

Referensi

Alifa, S., Purbasari, I., & Ristiyani, R. (2021). Media Waraga Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengidentifikasi Keragaman Budaya. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5085

Apriliya, V., Kanzunnudin, M., & Purbasari, I. (2020). Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 36–44.

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.

Azka, M., Ardianti, S. D., & Purbasari, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Roda Pintar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 173–182.

Badria Fajriyana, Nurul., Purbasari, Imaniar., & Fakhriyah, Fina. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Melalui Model STAD Berbasis Projek dengan Media EDO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar., 8(1). 6599-6600.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: penerbit gava media

Farikhah, L., Purbasari, I., & Shokib Rondli, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225–4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257

Ingriza, R. (2019). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN 33 Gurun Panjang Kecamatan Koto XI Tarusan. Tarbiyah Al-Awlad, 9(2), 155–162

Kamaladini, Arsyad AG, dan Nursina S. 2021. Pengembangan Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Paedagoria, 1:93-100

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Meylovvia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. 4(1), 84–91.

Mochammad Noor Afllah, Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2022). Peran Pendidik dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik kelas V SDN Daren 1. JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3544–3548. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.904

Nisai, M., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 5 Gondoharum Kudus Melalui Model TGT dan Media Daper. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 264–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960155

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh pertanyaan pemantik terhadap kemampuan bernalar kritis dan hasil belajar peserta didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.58204/pe.v1i2.34

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Suardika, I. K., Heni, & Anse, L. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Autentik: Jurnal Pengembangan Dasar, 5(1), 10–20.

Sriyani, D., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Enggoro (Engklek Gotong Royong) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. 09(September).

Suhelayanti, Z, S., Rahmaati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelma, D. (2023). PEMBEAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Mahasiswa Pendidikan Kinestetik) Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.203 7