KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB RADHIYALLAHU ‘ANHU SEBAGAI INSPIRASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR

Isi Artikel Utama

Ahmad Faoji
Budianto Budianto

Abstrak

Kepemimpinan Umar bin Khattab merupakan salah satu contoh teladan yang sangat relevan dalam berbagai aspek manajemen, termasuk manajemen pendidikan . Dalam konteks pendidikan dasar, penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang adil, tegas, visioner, dan partisipatif memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali karakteristik kepemimpinan Umar bin Khattab dan menganalisis relevansinya sebagai inspirasi dalam manajemen pendidikan dasar.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research. Data dikumpulkan dari berbagai literatur, termasuk buku-buku sejarah Islam, artikel jurnal ilmiah, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik melalui reduksi, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima karakteristik utama kepemimpinan Umar bin Khattab—keadilan, ketegasan, visi jangka panjang, musyawarah, dan kesederhanaan—dapat diadaptasi dalam manajemen pendidikan dasar. Implementasi nilai keadilan dapat diterapkan dalam distribusi sumber daya pendidikan, sementara ketegasan relevan untuk membangun budaya disiplin di sekolah. Pendekatan musyawarah mendorong partisipasi semua pemangku kepentingan, dan visi jangka panjang Umar menginspirasi perencanaan kurikulum yang inovatif.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakteristik kepemimpinan Umar bin Khattab memberikan panduan yang kuat untuk meningkatkan manajemen pendidikan dasar yang lebih efektif, adil, dan berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah, pendidik, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam mengelola institusi pendidikan dasar.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Faoji, Ahmad, dan Budianto Budianto. “KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB RADHIYALLAHU ‘ANHU SEBAGAI INSPIRASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1855–1862. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3059.
Bagian
Artikel

Referensi

Ash-Shalabi, A. M. (2016). Biografi Umar bin Khattab : kehidupan Pribadi dan Pemerintahannya. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.

Burns, J. M. (1978). Leadership. New York: Harper & Row.

Creswell, J. W. (2019). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Esposito, J. L. ( 1998). Islam and Politics. New York: Syracuse University Press.

Haekal, M. H. (2003). Umar bin Khattab : Reformasi Sistem Administrasi Islam. Jakarta: Litera AntarNusa.

K.Hitti, P. (2002). Umar bin Khattab :History Arabs. London: Machillans Press.

L.Esposito, J. (1998). Islam and Politics. New York: Syracure University Press.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice. New York: SAGE Publications.

Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. ( 2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno. (2010). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Tilaar. (2012). Manajemen Pendidikan Nasional: Suatu Kajian Teoretis dan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyudi. (2014). Manajemen Sekolah Efektif. Bandung: Alfabeta.