PENGEMBANGAN PROGRAM 'KIDS OF CHARACTER' BERBASIS CERITA DAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MORAL DAN EMPATI ANAK USIA DINI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program Kids of Character berbasis cerita dan permainan sebagai sarana untuk meningkatkan sikap moral dan empati anak usia dini. Program ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba adalah 20 anak usia 5–6 tahun di salah satu lembaga PAUD di kota X. Program terdiri dari rangkaian cerita bergambar yang mengandung nilai-nilai karakter serta permainan edukatif tematik yang dirancang untuk membangun interaksi sosial dan kesadaran emosional anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti program, terjadi peningkatan signifikan dalam sikap moral (seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keberanian) serta empati anak (seperti membantu teman dan menunjukkan kepedulian emosional). Pendekatan berbasis cerita dan permainan terbukti efektif dalam menyampaikan nilai-nilai karakter secara menyenangkan dan bermakna bagi anak. Program ini juga memperkuat aspek perkembangan sosial-emosional sesuai teori Erik Erikson dan kecerdasan emosional menurut Daniel Goleman. Dengan demikian, Kids of Character layak dijadikan alternatif inovatif dalam pendidikan karakter di usia dini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Erikson, E. H. (1963). Childhood and society (2nd ed.). W. W. Norton & Company.
Goleman, D. (1995). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam Books.
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1007/s10643-004-0301-6
Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development. Moral Stages and the Idea of Justice. In San Fancisco: Harper & Row.
Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. https://doi.org/10.4324/9781410603784-32
Sapsaglam, Ö., & Balci, A. (2018). The effect of drama activities on the development of empathy skills of preschool children. Early Child Development and Care, 188(6), 662–672. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1234466
Sheridan, H., & Reichle, E. D. (2016). An Analysis of the Time Course of Lexical Processing During Reading. Cognitive Science. https://doi.org/10.1111/cogs.12246
Van Der Hoorn, A., Renken, R. J., Leenders, K. L., & De Jong, B. M. (2014). Parkinson-related changes of activation in visuomotor brain regions during perceived forward self-motion. PLoS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0095861
Piaget, J., & Gabain, M. (1935). The Moral Judgment of the Child. The American Journal of Psychology. https://doi.org/10.2307/1416357
Vygotsky, L. S., & Luria, A. R. (1978). Tool and symbol in child development. In M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman (Eds.), Mind in society. Harvard University Press.