KAJIAN PUSTAKA TENTANG PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Bahasa Arab bukanlah hal baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab masih banyak dan sering bermunculan, sayangnya jarang sekali terpecahkan solusinya. Tulisan ini dibuat untuk melihat problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab terutama pada jenjang madrasah ibtidaiyah agar dengan begitu para pengajar dapat lebih memperhatikan pembelajaran Bahasa Arab yang mereka ajarkan dan berupaya untuk mengatasi problematika-problematika yang ada. Dalam penyusunan tulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan sumber kajian pustaka atau library research, yang di mana penggunaanya dengan pengumpulan data dan informasi yang bersumber dari bacaan. Jenis penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Upaya mengintegrasi pendidikan Bahasa Arab di sekolah dasar memiliki beberapa masalah yang menjadikan implementasi pendidikan Bahasa Arab mengalami kendala. Hal-hal tersebut merupakan masalah besar dalam upaya pelaksanaan integrasi pendidikan Bahasa Arab. Upaya tersisa yang diharapkan dapat memperbaiki dan mengatasinya ialah peran seorang guru. Berbagai tantangan atau masalah dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat diklasifiksikan menjadi dua yaitu sebagai faktor linguistik, dan non-linguistik. Namun, terlepas dari permasalahan-permasalahan yang kita temui dalam pembelajaran Bahasa Arab, faktanya Bahasa Arab memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan bagi siapa saja yang mempelajarinya. Bahasa Arab sejatinya merupakan harta karun peradaban Islam yang terdapat banyak kelebihan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Albantani, A. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2). https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2127
Al-Busaidi, F., Al Hashmi, A., Al Musawi, A., & Kazem, A. (2016). Teachers’ perceptions of the effectiveness of using Arabic language teaching software in Omani basic education. In International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT) (Vol. 12, Issue 2).
Alfayez, A. F. (2022). Teachers Views on the Challenges of Teaching Arabic Language Through Distance Learning in the Aftermath of the COVID 19. Revista Amazonia Investiga, 11(54), 315–326. https://doi.org/10.34069/ai/2022.54.06.30
Alkahtani, A. (2019). Learning Arabic Language In The Age Of Computing Between Reality And Hope: Ambition And Challenges. Bioscience Biotechnology Research Communications, 12(1), 157–164. https://doi.org/10.21786/bbrc/12.1/18
de Houwer, J., Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin and Review, 20(4), 631–642. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3
Haris, A., Qutbuddin, MD., & Fatoni, A. (2021). Teachers’ Trends in Teaching Arabic in Elementary Schools. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4(2), 195–210. https://doi.org/10.22219/jiz.v4i2.16875
Hastang, H., & R, A. (2023). Analysis of Arabic Language Learning Difficulties Among Students in the Qawaid Al-Lughah Al-Arabiyyah Materials. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 31–42. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5052
Hidayati, K., & Wijaya, M. (2023). ANALYSIS OF DIFFICULTIES OF LEARNING ARABIC LANGUAGE IN LANGUAGE INTENSIVE PROGRAM OF SMP NURUL JADID (LIPS) PAITON PROBOLINGGO (Vol. 01, Issue 01).
Ibda, H., Khoiril Azmi, M., & Alfi Muanayah, N. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BOTOPUTIH TEMANGGUNG. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC, 6(1), 1–15. http://apicbdkmedan.kemenag.go.id/
Ilhami, Z., & Robbani, A. S. (2021). Arabic language learning in a comprehensive approach (theoretical study). 20(2), 1240–1249.
Ilmi, M., & Nadiyah. (2019). PROBLEMATIKA GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANJAR. Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 34–49.
Jamiu, L. A. (2022). The Weaknesses of the Curriculum in the Teaching of Arabic (a Muslim Language) as a Foreign Language. ASEAN Journal of Religion, Eduction, and Society, 1(1), 31–38. https://ejournal.bumipublikasinusantara.id/index.php/ajores
Khairi, Z., Zulheddi, Z., & Salminawati, S. (2023). Problems of Learning Tarakib (Phrases) Arabic for Elementary Education Students. Jurnal Basicedu, 7(1), 158–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4343
Maghfurin, A. (2023). Problems of teaching Arabic in Indonesian Islamic School. Eurasian Journal of Learning and Academic Teaching, 19. www.geniusjournals.org
Mall, M., & Nieman, M. (2008). Problems experienced with the teaching of Arabic to learners in Muslim private schools in South Africa and Botswana. Per Linguam, 18(2). https://doi.org/10.5785/18-2-129
Mayer, R. E. (2013). Problem Solving. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195376746.013.0048
Risnawati, E. (2021). PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Universitas Pendidikan Indonesia.
Scott, W. A., & Ytreberg, L. H. (1991). Teaching English to Children (N. Grant, Ed.; 2nd ed.). https://archive.org/details/teachingenglisht0000scot
Solkan, A. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati. Edulad: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2).
Sudikan, S. Y. (2022, February 17). Potentials, Opportunities, and Challenges of Indonesian as an International (Scientific Journal) Language. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2020.2315276