STRATEGI DAN IMPLIKASI REKRUTMEN DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN: TELAAH ATAS HAKEKAT, METODE, DAN SUMBER REKRUTMEN

Isi Artikel Utama

Wichda ‘Ainis Salamah
Siti Aisiyah

Abstrak

Rekrutmen merupakan salah satu tahapan penting dalam manajemen sumber daya manusia karena menentukan kualitas dan kompetensi tenaga kerja yang direkrut dalam suatu lembaga, termasuk lembaga pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif tentang hakekat rekrutmen, metode dan teknik yang digunakan dalam proses rekrutmen, strategi serta sumber rekrutmen, serta menganalisis implikasinya dalam dunia pendidikan. Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menganalisis referensi-referensi dari buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber terpercaya lainnya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa rekrutmen yang efektif memerlukan strategi yang tepat dalam memilih sumber internal maupun eksternal, serta penggunaan metode seleksi yang sesuai dengan kebutuhan lembaga. Dalam konteks pendidikan, proses rekrutmen memiliki pengaruh langsung terhadap mutu layanan pendidikan, efektivitas manajemen sekolah, dan pencapaian tujuan pendidikan. Rekrutmen yang baik menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan berintegritas, yang berdampak pada terciptanya iklim pendidikan yang positif. Implikasi dari kajian ini adalah pentingnya lembaga pendidikan memiliki sistem rekrutmen yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada mutu demi tercapainya tujuan pendidikan yang berkelanjutan dan berkualitas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salamah , Wichda ‘Ainis, dan Siti Aisiyah. “STRATEGI DAN IMPLIKASI REKRUTMEN DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN: TELAAH ATAS HAKEKAT, METODE, DAN SUMBER REKRUTMEN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2633–2641. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3066.
Bagian
Artikel

Referensi

Arifa, B. N. (2022). Pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2). https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5740Jurnal UIN SGD

Beheshti, H. M., & Khosrowpour, M. (2019). Strategic recruitment in educational organizations. Journal of Human Resource and Sustainability, 8(2), 35–47.

Cho, Y., & Lee, J. (2017). Cultural fit and recruitment outcomes in educational institutions. International Journal of Educational Administration, 10(1), 42–56.

Harwati, S. (2021). Manajemen rekrutmen guru dan dampaknya terhadap kinerja sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 101–113.

Jesika, J., & Hidayati, D. (2023). Transformasi digital sistem rekrutmen calon pegawai tenaga kependidikan. Academy of Education Journal, 15(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2303Jurnal Cokroaminoto

Lussier, R. N. (2018). Human resource management: Functions, applications, & skill development (2nd ed.). SAGE Publications.

Luthans, F. (2019). Organizational behavior (13th ed.). McGraw-Hill Education.

Maliki, F. A. (2022). Strategi rekrutmen tenaga pendidik di SD Islam Plus As-Sa’adatain Depok. [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62250Repository UIN Jakarta

Pabedinskaite, A., & Tučkienė, S. (2015). The impact of recruitment source on performance and cultural fit. Baltic Journal of Management, 10(3), 376–392.

Putri, A. A., Syahriza, A. L., & Windasari, W. (2024). Pengaruh manajemen perekrutan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran di SMP Islam Terpadu At-Taqwa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.491Pubmedia

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.

Siregar, M. (2020). Strategi rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 88–95.

Susanti, R. (2021). Rekrutmen guru profesional berbasis kompetensi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 145–158.

Susanto, D. B., & Hamzali, S. (2023). Peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas rekrutmen dan seleksi karyawan. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(8). https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5898Jurnal Universitas Muhammadiyah Palu+1Jurnal Pendidikan Tambusai+1

Syamsir, S., Anjelini, S., Ningsih, A. Y., Marsalinda, R., Nurhakim, A., Kurnia, R., & Lila, R. (2023). Penerapan teknologi dalam proses seleksi pegawai: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/20846Jurnal Pendidikan Tambusai

Thakur, A., & Shukla, D. (2022). Recruitment trends in education sector: A strategic review. International Journal of HRM and Organizational Studies, 6(1), 55–66.

Ubaedila, I., Merthayasa, A. A. A., Khariri, A., Sayudin, S., & Tamamiyah, L. (2023). Manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(10). https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2695Japend

Ubaidillah, M., & Afifin, M. O. (2022). Strategi rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas madrasah di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Probolinggo. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3). https://doi.org/10.37348/aksi.v2i3.498ejurnal.staiha.ac.id

Yadav, R., & Saxena, S. (2022). Comparative study of internal and external hiring. Asian Journal of Management Research, 12(3), 210–225.

Yusri, H., & Sari, N. (2018). Teknologi dalam seleksi dan rekrutmen tenaga pengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 66–74.