ANALISIS KONTEN GAME MOBILE TERHADAP ANAK USIA SD IMPLIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PERKEMBANGAN SOSIAL DI SD SE KECAMATAN KUALUH SELATAN

Isi Artikel Utama

Laura Andarini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten game mobile terhadap kemampuan kognitif dan perkembangan sosial anak usia Sekolah Dasar di Kecamatan Kualuh Selatan. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, angket, dan tes pada siswa kelas V dari tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game mobile memberikan dampak negatif terhadap kemampuan kognitif siswa, seperti penurunan daya ingat, konsentrasi, dan berpikir logis. Demikian pula, dalam aspek perkembangan sosial, ditemukan bahwa intensitas bermain game mobile menyebabkan berkurangnya interaksi sosial dan meningkatnya perilaku agresif. Penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan dari orang tua dan guru dalam memilihkan jenis game yang sesuai untuk menunjang perkembangan anak secara optimal.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andarini, Laura. “ANALISIS KONTEN GAME MOBILE TERHADAP ANAK USIA SD IMPLIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PERKEMBANGAN SOSIAL DI SD SE KECAMATAN KUALUH SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2471–2485. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3077.
Bagian
Artikel

Referensi

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id

Nadia, D. (2014). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Perilaku Sosial Anak. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Prawiradilaga, W. (2013). Teknologi Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. Jakarta: Kencana. https://opac.perpusnas.go.id

Putri, R. A. (2014). Penggunaan Gadget dalam Kehidupan Anak-Anak. Bandung: Alfabeta.

Ramadhan, R., & Ramadan, F. (2023). Dampak Kecanduan Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n2.p469-486

Riskuna, R., & Uce, A. (2024). Game Online dan Kemampuan Kognitif Siswa SD. Malang: Literasi Nusantara.

Robert E. Slavin. (2008). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson Education. https://www.pearson.com/store/p/educational-psychology-theory-and- practice/P100000694475

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Cholid Narbuko & Abu Achmadi. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon.