IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 PADA TOPIK MENGHARGAI PERBEDAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di kelas I SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada tahap pra siklus, persentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 67%. Setelah penerapan model pembelajaran Make a Match pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 71%, dan selanjutnya meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II. Penerapan model Make a Match terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Hayati, F. H., & Suharto, A. W. B. (2024). Penerapan Model Make a Match pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dan 2 SD/MI. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1060. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3543
Idanurani, Nunung. 2021. “Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Education 7 (2): 361–66.
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1021.
Lestari, D., & Mahmuddin. (2024). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model PBL dan Make A Match pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Memahamai Isi Teks Eksplanasi di Kelas 5 SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1022-1029.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Lestari, S. D., Khamdun, K., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. As-Sabiqun, 5(2), 592–603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125
Mayasari, J., Murtono, M., & Purbasari, I. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal on Education, 2(4), 343–351. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.331
Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Rindengan, M. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 269-274.
https://doi.org/10.5281/zenodo.4603416
Sari, N., Nurhaswinda, N., & Pahrul, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i2.71
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Tri Anifa, R., Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD Negeri 20 Indarung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3278–3283. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1384
Tyas, Y. C., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4790
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363