PENINGKATAN HASIL BELAJAR CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS III B SDN 18 KAMPUNG DURIAN KOTA PADANG

Isi Artikel Utama

Dwi Puja Aprilia
Syafri Ahmad

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mampu mencapai target hasil belajar yang ditetapkan, baik dari aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ciri-Ciri Bangun Datar menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas III B SDN 18 Kampung Durian Kota Padang. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif, sementara pendekatan kualitatif hanya digunakan untuk mendukung penelitian. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ciri-Ciri Bangun Datar menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan modul ajar siklus I pertemuan 1 adalah 85,7% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 92,8% (SB) meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 81,2% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 93,7% (SB) meningkat pada siklus II menjadi 96,8% (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I pertemuan 1 adalah 81,2% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 87,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,8% (SB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata siklus 1 yakni 81 (B) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 91 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ciri-Ciri Bangun Datar di Kelas III B SD N 18 Kampung Durian Kota Padang

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puja Aprilia, Dwi, dan Syafri Ahmad. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS III B SDN 18 KAMPUNG DURIAN KOTA PADANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1923–1931. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3107.
Bagian
Artikel

Referensi

AlMita, D., Hasanah, N. P., Ritonga, S. H., & Sofiyah, K. (2024). Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 103.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Nurhayati, M.Pd., Movitaria, M. A., Amnillah, M., Humaeroh, E., Anirah, A., Iskandar, B. A., Apriani, Y., Rifai, A., Asriandi, A., Anjarsari, E., Tahir, M., Sumantri, B., & Torro, S. (2022). Pengembangan Kurikulum. Lombok: Hamjah Diha Foundation.

Pratiwi, Adhelia Nofieanti dan Nova Estu Harsiwi. (2024). ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN SOKALELA. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA) Vol.2, No.2 Februari 2024 e-ISSN: 3031-5220; DOI: 10.62281, Hal 2736-2746

Reforma, S. D. A. (2025). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PELAJARAN MATEMATIKA TEMA 8 SD ANAK SHOLEH FULL DAY (Doctoral dissertation, Universitas Islam Raden Rahmat).

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.

Saputra, M. R., & Maknun, L. (2022). Konsep dan pengaplikasian pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tingkat MI/SD. EduBase: Journal of Basic Education, 3(1), 98–109. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase

Sihotang, R. R. I., Nurhudayah, N., Siagian, E. E. B., Perangin-angin, N. A., & Bilqis, Y.. (2024). Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Membedakan Materi Bangun Datar Pada Pembelajaran Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024, 22837-22840

Suartini, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Nomor 28 Tahun XXIII Oktober 2020 ISSN 1907 – 3232

Suradi, A., Andrea, C., Anita, P. S., Putri, I. A., Fitriani, D., & Sari, I. W. (2022). Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti Pada Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 5(2), Artikel 1118. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1118

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1–19.