ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ULAK JERMUN

Isi Artikel Utama

Septria Hindriani
Heriyanto
Sri Wahyuningsih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan unruk mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi bertema lingkungan pada kelas IV SD Negeri 1 Ulak Jermun. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wali kelas IV, dan siswa kelas IV. Instrumen penunjang dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdsarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan pada siswa kelas IV untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah baik, dan untuk hasil evaluasi pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan siswa sudah terkategori baik. Pada aspek tema 77, 58%, pada aspek diksi 70, 68%, pada aspek baris dan bait 71, 55%, dan untuk aspek rima 74, 13%.. Berdasarkan hasil dari nilai keseluruhan siswa yaitu dengan rata-rata 78, 79% itu artinya pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan termasuk kedalam kategori baik dan mampu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hindriani, Septria, Heriyanto Heriyanto, dan Sri Wahyuningsih. “ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ULAK JERMUN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3253–3260. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3108.
Bagian
Artikel

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Https://Doi.Org/10.23887/Jfi.V3i3.24525

Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Kolaborasi Metode Sscs Dan Media Audio Visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.6.2.201-212.2020

Arini, A. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sdn 104250 Perk. Ramunia. Indonesian Journal Of Elementary Education (Ijoee). Https://Doi.Org/10.31000/Ijoee.V3i1.5622

Dirma, R. (2022). Analisis Struktur Puisi Dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang.” Journal Of Educational And Language Research.

Eka Maharani Putri. (2019). Puisi Askrotik (Cara Mudah (T. Pena (Ed.)).

Fadhli, M., & Sufiyandi, S. (2019). Puisi Cinquain: Media Pembelajaran Dalam Menulis Teks Deskripsi. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa ….

Fauziah, Q. (2023). Penerapan Metode Wawancara Narasumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Https://Doi.Org/10.51878/Language.V3i2.2305

Jayanti, F., Suratisna, & Permanasari, D. (2019). Kemampuan Menulis Puisi Modern Dengan Menggunakan Media Musik Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Gedong Tataan. Eskripsi, 1–11. Http://Eskrispi.Stkippgribl.Ac.Id/

Kanzunnudin, M. (2022). Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Puisi ‘Ibu’ Karya D. Zawawi Imron (Semiotic Analysis Of Roland Barthes At “Ibu” Poetry By D. Zawawi Imron). Sawerigading. Https://Doi.Org/10.26499/Sawer.V28i2.1040

Kilikily, C. C., & Johansz, D. (2023). Pemanfaatan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Indo-Mathedu Intellectuals Journal. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V4i3.401

Kurniati, I., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i1.702

Lubis, Sri Khairani. (2020). Mengenal Lebih Dekat Puisi Rakyat (Amanda Syahri Nasition (Ed.)). Guepedia.

Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Https://Doi.Org/10.30998/Diskursus.V3i02.7408

Muhalimah, A. P., Sulhaliza, A. P., Putri, S. M., Kartika, A. S., Ismail, B. N., & Widiyani, E. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Terhadap Siswa Kelas Ii Sd 01 Burikan Kudus. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (Jipg). Https://Doi.Org/10.30738/Jipg.Vol4.No2.A15298

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. Https://Doi.Org/10.36915/La.V1i2.15

Musdalifa, W. A. (2020). Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Lirik Pada Siswa Kelas Iv Sdn 17 Banyuasin Iii. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian). Https://Doi.Org/10.31851/Sj.V3i1.7555

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Di Kelas Iv Sdn Kalisari 03 Jakarta Timur. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (Sinamu), 1. Https://Doi.Org/10.31000/Sinamu.V1i0.2126

Rahman, D. A. N. U. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8.

Pitaloka. (2022). Seni Mengenal Puisi. Medan: Guepedia. Guepedia.

Rosmiati, A., & Andriani. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Media Audio Visual Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran.

Sari, N., & Nadya, N. L. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Kelas V Sd Negeri 16 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia. Https://Doi.Org/10.52333/Didactique.V2i1.737

Semiotika, P., & Barthes, R. (2023). Metonimia : Jurnal Sastra Dan Pendidikan Kesusastraan Metonimia : Jurnal Sastra Dan Pendidikan Kesusastraan. 1(2), 88–95. Https://Doi.Org/10.56854/Jspk.V2i3.218

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian (Sutopono (Ed.)). Alfabeta, Cv.

Sulistianingrum, E., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pgsd, 1522–1530.

Sundusiah, S., Harini, Y. N. A., & D., M. F. (2020). Validitas Instrumen Penilaian Ekspresi Lisan Puisi Di Sma. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Suryani, I., Afria, R., & Kusuma Wardhani, A. (2022). Analisis Struktural Gurindam 12: Kajian Filologi Structural Analysis Of Gurindam 12: Philological Studies. Seminar Nasional Humaniora P.

Thalha Alhamid Dan Budur Anufia. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data Oleh. Ekonomi Islam.

Thesis, A. (2023). Factors And Learning Strategies Used By Students In English Language Acquisition (A Case In Indonesian Context).

Trisnani, N., & Utami, W. T. P. (2022). Pengaruh Tingkat Kreativitas Terhadap Kemampuan Membuat Sastra Anak. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An. Https://Doi.Org/10.30738/Tc.V6i1.12082

Triyono, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Sdn Pacing. Jurnal Education, 7(4), 1344–1349. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1464

Tumini, V., Satinem, & Astuti, T. (2022). Analisis Struktural Genetik Kumpulan Puisi Naratif Hujan Turun Dari Bawah Karya Benny Arnas. Jurnal Kastral: Kajian Sastra Nusantara Linggau, 2(3), 71–80.

Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Terampil/Index%0aterampil:

Wijayanti, Atrianing Yessi. (2022). Terampil Membaca Dan Menulis Puisi (Guepedia / Ag (Ed.)). Guepedia.