PENGARUH LITERACY CLOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ULAK PACEH

Isi Artikel Utama

Viola Audya
Destiniar
Anggria Septiani Mulbasari

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh literacy cloud  terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas V SD Negeri 1 Ulak Paceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literacy cloud  terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas V SD Negeri 1 Ulak Paceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancang desain posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literacy cloud berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas V SD Negeri 1 Ulak Paceh. Hal ini dibuktikan pada hasil analisis t-test  menggunakan uji Independents samples t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang sigifikan penggunaan literacy cloud  terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas V SD Negeri 1 Ulak Paceh.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Audya, Viola, Destiniar, dan Anggria Septiani Mulbasari. “PENGARUH LITERACY CLOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ULAK PACEH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3476–3485. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3126.
Bagian
Artikel

Referensi

Afflerbach, P., Pearson, P. D., &, & Paris, S. . (2020). Clarifying differences betwen reading skills and reading strategies. The Reading Teacher, 69(5), 391–400.

Ahmad, R. (2022). Implementasi Metode Ya Nbu ’ a Dalam Kemampuan Membaca Al- Nibung , Kecamatan Gunung Raden Intan Lampung 1443 H / 2021 M. Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2818

Angreni, B., Sitepu, R., AntonTanjung, & Sofia, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1398

Ardiansyah, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrument Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitaif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Asrowi Hadaya, & Aufal Hanif, M. (2019). The impact of using the interactive e-book on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a

Basar, A. M. (2022). Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Literacy Cloud. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v5i1.10530

Benedicta, Anastasya, Fitrianti, Apriliana, A., Apriani, C., & Yohana. (2021). Literacycloud : Alternatif Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Proseding Didaktis 6: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 49–57. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2209/2028

Brown, L. (2021). Self-Directed Learning In The Digital Age: Opportinities and chalanges. Internasional Journal of Education Reserach.

Dr. Elvi Susanti, M. P. (2018). Keterampilan Membaca (Cetakan: p). Penerbit IN MEDIA.

Duke, N. K., Pearson, P. D. (2021). Effective practices for developping reading comprehension. In The Reading Teacher.

Dwicky Putra Nugraha, D. M. (2023). Pengaruh Literacy Cloud Terhadap Minat Baca Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Elementary, 6(1), 11. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12315.

Efiani, N., Al, Z., & Marlini, C. (2020). Penggunaan Media Explosion Box terhadap Keterampilan Membaca Nyaring SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–15.

Ginting, O. D. (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa MAS Ta’dib Al-Syakirin Medan.

Halimah. H. (2023). Respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis hubungannya dengan keterampilan membaca Al-Quran. Doctoral disertation, UIN sunan Gunung Sjati Bandung.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hatch, E. (1987). Discourse analysis and second language acquisition. In E. Hacth (Ed),. Second language acquisition: A Book of Readings. New York: Newbury House.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2022). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 670–680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6352

Kisno, K., Siregar, Mulia, V. M., Sirait, Winata, S., & Surya, A. (2021). Diseminasi Literacycloud untuk Guru dan Orangtua Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Patumbak Deli Serdang dalam Masa Pandemi Covid-19. Publikasi Pendidikan, 11(1), 15. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.18997

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(01), 1–5. https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1402

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/mi. Prenada Media.

Mufidah, D. W., Haenilah, E. Y., &, & Sofia, A. (2019). Pembelajaran berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Nurhidayah, Hidayah, N., Triyanti, Mertika, T., Sulistri, M., & Emi. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS di Kelas V SDN 04 Singkawang. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 99–104. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.3200

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. OECD Publishing.

OECD. (2023). Organisation for Economic Co-operation and Development. PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi kasusu pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558%0D

Putu Ayu Purnama Sari. (2020). Hudungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Indonesia . Journal for lesson and learning studies , 3(1), 141–152.

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Radani, S., & Febrina, D. (2021). Pelaksanaan Pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 009 Lubuk Agung. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 727–738. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1109

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitaif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.

Rohman, Abdul, Y., Rahman, S., V., & Damayanti. (2020). Kelancaran Membaca pada siswa kelas awal. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Sabban, I., & Rahman, I. H. A. (2022). Penguatan Literasi Digital Melalui Aplikasi Literacy Cloud Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Pedikmas Pasifik, 01(01), 1–23.

Sahiruddin. (2021). Pengembangan Literasi Membaca dan Menulis di Era Digital (1st ed.). Media Nusa Creative. https://kubuku.id/detail/pengembangan-literasi-membaca-dan-menulis-di-era-digital/25924

Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. 08, 1–7.

Sayekti, & Muning, O. (2022). Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya: Analisis pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51222

Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291–2300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818

Smith, J. (2020). Digital Literacy and Accessibility:The Role of Online Platform in Education. Journal of Education Technology.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi ke-3). ALFABETA, cv.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Penerbit Nem.

Sunarto. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Tombo-Tombolo Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suparlan. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Tarigan, H. . (1982). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. IKIP-STIA.

Tarigan, & Saksi. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878

Utami, Aprilia, Wangid, N., & Nur, M. (2019). Investigasi Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd Di Kecamatan Sekarbela. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22, No 1(1), 157–165. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7340

Wulandari, Lyesmaya, Novia Dyah, & Nurasia Iis. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Di Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 129–140.

Yeni, E., Andina, Mu., Enny, H., Ayu, S., Hastari, M., Almira, R., Ine, A., & Muhammad, P. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud : Identifikasi Tokoh dan Watak Dalam Dongeng. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Yosintha, R. (2023). Literacy Cloud: Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Bagi Digital Natives. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.7369

Yuliati, N. K. D. E., Widiartini, N. K., & N.K.A.M.Dewi. (2022). Teknologi, Media Digital dan Instruksi Membaca Mendalami Penerimaan Pengguna Literasi Cloud. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 179–191.

Zainudin. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. 49–53. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29811