PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUIZ TEAM SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 200405 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model quiz team subtema aku dan cita-citaku dikelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru.Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 62,5% aktivitas siswa dan 70,4% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 87,5% aktivitas siswa dan 86,3% aktivitas guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 62,5% atau 15 orang siswa sudah mencapai KKM 37,5% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 91,6% atau 22 orang siswa sudah mencapai KKM 8,33% atau 2 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 29,1%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa subtema aku dan cita-citaku dikelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, suharsimi dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto,suharsimi.2018.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.
Asrori,mohammad. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.
Gurning,Busmin. Effi Aswita. 2017. Strategi belajar mengajar.Yogyakarta : K-Media.
Maisaroh, M., &Rostrieningsih, R. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(2), 17197.
Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473-480.
Suprijono,agus. 2009.Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Susanto,ahmad.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Suyono dan Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Winataputra,S,udin. 2011. Teori Belajardan Pembelajaran. Edisi I. Jakarta : Universitas Tebuka.