ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PETALING

Isi Artikel Utama

Silfira Anggraini
Nora Surmilasari
Dian Nuzulia Armariena

Abstrak

Pemahaman termasuk dalam aspek membaca yang sangat penting pada kegiatan membaca. Tujuan dari membaca adalah pemahaman bukan kecepatan, dan kemampuan membaca merupakan kemampuan dalam memahami teks yang terkandung pada bacaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas V SD Negeri 3 Petaling. Metode penelitian pada penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yakni  reduksi,  penyajian  data,  dan  verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan dari total 18 siswa, 5 siswa memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 27,8%, 9 siswa berada pada kategori baik dengan persentase 50,00%, dan 4 siswa memperoleh kategori cukup baik dengan persentase 22,2%. Rata-rata keseluruhan menunjukkan persentase 83,05%, yang tergolong dalam kategori baik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anggraini, Silfira, Nora Surmilasari, dan Dian Nuzulia Armariena. “ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PETALING”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3497–3509. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3164.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aviana, R., Anitra, R., & Marhayani, D. A. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Ditinjau Dari Minat Baca Siswa Kelas V SD. Journal Of Elemantary School (JOES).

Faridah, F., Armariena, D. N., & Noviati, N. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Pesan Moral Pada Cerita Pendek Kelas V SD Negeri 69 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7447–7454.

Fatima, S., Tanzimah, & Hera, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Mengapresiasikan Cerpen Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 12194-12200.

Indrayatti, W. (2020). Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerita Siswa Kelas VII Siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tanjungpinang Tahun 2019. Jurnal Kiprah, 8 (1), 56-65.

Muliawati, S. F., Amalia, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.

Murfiana, A. S., Widiansyah, A., & Dariyanto. (2022). Analisis Problematika Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Education Journal of Bhayangkara.

Nurjanah, S., & Nugraheni, A. S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Isi Pesan Dongeng Melalui Strategi Know Want To Know Learned (KWL) Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 812-818.

Nurmala, Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Membaca Anak Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Narasi Anak Kelas 4 SD Negeri 136 Palembang. Education and Learning Journal.

Pandini, I. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 Model Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra.

Putri, I. N., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda.

Rahmawati, F., & Hidayat, T. (2020). Meningkatkan Pemahaman Membaca melalui Strategi Identifikasi Kalimat Utama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 8(2), 112-125.

Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar.

Salam. (2020). Membaca Kompreheansif Strategi Pemahaman Bacaan. Gorontalo: Ideas Publishing.

Salsabillah, Latifah, N., & Magdalena, I. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Cepat Dan Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karang Tengah 12 Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dasar.

Santika, I. G., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Teoritis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 464-472.

Seprina, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Isi Teks BacaanMateri Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepatpada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 156-164.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surmilasari, N., & Usman, H. (2022). Creative thinking with stem-based project-based learning model in elementary mathematics learning. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 434-444.

Yanni, A., Kamala, I., Assingkily, M. S., & Rahmawati. (2020). Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan di SD Negeri Demakijo 2. Jurnal Pendidikan.

Yuliyanti, Y., & Wulandari, M. A. (2022). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Narasi Sejarah Pada Siswa Kelas V SDN Cigentur Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. COLLASE Creative Of Learning Students Elementary Education.