ANALISIS MISKONSEPSI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERSEN DAN DESIMAL BERDASARKAN PENERAPAN TEORI POLYA

Isi Artikel Utama

Alfiana Nurussama
Devianty Yusuf
Diva Aulia Aktivana
Ela Hayati
Meilisa
Salsabilla Suci Attalia

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk siswa dalam menghadapi serta menyelesaikan berbagai permasalahan matematika, termasuk materi persen dan desimal.  usaha dari siswa yang harus dimiliki untuk memecahkan permasalahan matematika dengan menggunakan cara, yakni memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah serta memeriksa kembali pada materi persen dan desimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati serta menganalisis sejauh mana siswa sekolah dasar mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika terkait materi persen serta desimal. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif dengan subjek penelitian 17 siswa kelas IV SDN 4 Ciseureuh Kabupaten Purwakarta. Teknik analisis data dengan melalui metode tes menggunakan instrumen berupa tiga butir soal yang berkaitan dengan materi desimal serta pecahan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase pemecahan masalah yang berkategori rendah sebesar 52,94%, berkategori sedang 29,41% dan berkategori tinggi sebesar 17,64%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurussama, Alfiana, Devianty Yusuf, Diva Aulia Aktivana, Ela Hayati, Meilisa Meilisa, dan Salsabilla Suci Attalia. “ANALISIS MISKONSEPSI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERSEN DAN DESIMAL BERDASARKAN PENERAPAN TEORI POLYA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (September 27, 2025): 3398–3402. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3166.
Bagian
Artikel

Referensi

Alawiyah, T. N., Sridana, N., Kurniawan, E., & Hayati, L. (2024). An Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Langkah Polya. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 151-164.

Amrullah, Sari, N. I., Azmi, S., dan Sarjana, K. (2021). Analisis Tingkat Metakognisi Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 36-43.

Jaelani, R. R., & Hidayati, N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1).

Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi matematika: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut Polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education, 1(1), 17-26.

Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah SD pada materi KPK dan FPB. Journal On Education, 2(1), 25-35.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64.

Nuraina, N., Rohantizani, R., & Hawa, M. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Menggunakan Metode Newman. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 117-127.

Polya, G. (1973). How to Solve It (Second Edition). United States of America: Princeton University Press.

Ruqoiyyah, S., & Wilujeng, H. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Menurut Teori Polya. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(2), 197-210.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 431-439.

Sinaga, M. E. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Bergaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas Xii Mipa Di Sman 3 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D, Dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta, 2021.