PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI (GISEPRA) GAMES INTERAKTIF SEBLAK PRASMANAN DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca ide pokok dan ide pendukung melalui penerapan Games Interaktif Seblak Prasmanan (GISEPRA) pada peserta didik kelas IV-C SDN Karah 1 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik akibat metode pembelajaran yang konvensional dan minimnya variasi media. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri atas 28 peserta didik, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi aktivitas guru dan siswa serta evaluasi tertulis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan GISEPRA mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar secara signifikan. Persentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari 78% pada siklus I, menjadi 91% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 64% menjadi 89%. GISEPRA sebagai media pembelajaran berbasis permainan terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa serta membantu mereka memahami isi bacaan secara menyenangkan dan bermakna. Dengan demikian, pendekatan ini layak dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi membaca ide pokok dan ide pendukung.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aprilia, W. S. (2019). Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Jurusan Pendidikan Biologi Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV. PENA PERSADA.
Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1
Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3.
Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Musayadah, N., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep Khalifatullah Terhadap Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Islam Persfektif M. Quraish Shihab dan Al-Gazali. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 489–497. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2134
Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Safa, L. A., & Cahyo Utomo, A. (2023). Cultivating Hard-Working and Peace-Loving Character Through the Tapak Suci Extracullicular Activites. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v10i1a8.2023
Sofyan Iskandar & Primanita Sholihah Rosmana. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Volume 3(2), 2322–2336.
Suardipa. (2022). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka Dalam Tatanan Kontruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. 3(2), 1–13.
Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2799
Supardi. (2016). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. PT Raja Grafindo Persada.