PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIJAK MEMAKAI UANG KELAS 2B SDN BANJARAN 4
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 2B SDN Banjaran 4 pada tema Bijak Memakai Uang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PowerPoint. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan belum memahami konsep pengelolaan uang secara bijak dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kondisi ini menjadi kesenjangan antara idealitas pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan kenyataan di kelas yang cenderung masih berpusat pada guru. Beberapa penelitian sebelumnya seperti yang dilakukan oleh Indrapangastuti (2023) menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konseptual peserta didik secara signifikan. Nilai kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi PBL dengan media presentasi visual (PowerPoint) yang kontekstual dan menarik bagi siswa usia dini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas 2B. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru dan siswa, serta soal evaluasi pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 55,56% dan meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat, terutama dalam partisipasi diskusi dan keberanian mengemukakan pendapat. Temuan ini memperkuat bahwa penerapan model PBL berbantuan media PowerPoint dapat meningkatkan pemahaman peserta didik secara signifikan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aliya, N. (2025). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Materi Kisah Nabi Nuh As Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Al-Marhamah Langsa (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40686
Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik Geri Syahril, & Ramadhani, D. (2022). Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 793–809. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4094/3107
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19-25. https://www.journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86
Kumalasari, F., Melati, S. Q., Prabowo, W. A., Winarni, R., & Martiningsih, E. T. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Media Game Interaktif Educaplay untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 4, pp. 11-16). https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97090
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151-172. DOI:10.21831/hum.v21i2.29252
Nafis, A. A. (2024). Meningkatkan kreativitas menulis siswa dengan menggunakan pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SD. Aneka Inovasi Pembelajaran Dari Studi Kepustakaan, 6(2), 33. DOI: https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i3.989
Natalia, M., & Tangkin, W. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II SD. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1017-1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2676
Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120-126. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51
Pardede, S., br Gultom, N. S., & Margareta, E. (2023). EKSPLORASI MATERI LITERASI KEUANGAN DAN PENERAPANNYA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TINGKAT SEKOLAH DASAR. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4670-4675.Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir kritis melalui problem based learning (teori dan implementasi). CV Pajang Putra Wijaya. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i10.2023.4670-4675
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.3431
Ramadhani, M. N., & Purwono, U. (2023). School engagement measure instrument adaptation. Journal Research of Social Science Economics and Management, 2(08). DOI: 10.36418/jrssem.v2i08.403
Tarigan, T. B., Arifin, M., & Nurasiah, N. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II DI SD NEGERI 064974 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15792-15801.
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=JvxQEQAAQBAJ&lpg=PP1&ots=P6gJOveUAE&dq=mengenal%20penelitian%20tindakan%20kelas&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=mengenal%20penelitian%20tindakan%20kelas&f=false
Zulaeha, I., Sintarani, C., Aminah, S., Lekatompessy, A., Apriani, S. F., Sidik, M. A., ... & Purboyo, G. A. (2024). Spektrum Pembelajaran Bahasa di Era Merdeka Belajar. Cahya Ghani Recovery. https://bit.ly/43KkCSW