PROSES PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM MENGHINDARI KORBAN BULLYING

Isi Artikel Utama

Norhidayani
Putri Amel
Aprilia Rizqi Permatasari
Anita Rahmayani
Jasiah Jasiah

Abstrak

Memproduksi video pembelajaran PAI ada proses yang harus dikerjakan agar menghasilkan produk yang memberikan keuntungan terutama bagi peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produksi dari video pembelajaran PAI yang dibuat dengan materi Etika Pergaulan dan Komunikasi Islam dalam menghindari Korban Bullying disekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode model 4D yaitu: Define (Perencanaan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan, dan Desseminate (Penyebaran), kemudian peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran PAI dengan materi Etika Pergaulan dan Komunikasi Islam sudah “layak” untuk disebarluaskan setelah melalui uji coba dan revisi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Norhidayani, Norhidayani, Putri Amel, Aprilia Rizqi Permatasari, Anita Rahmayani, dan Jasiah Jasiah. “PROSES PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM MENGHINDARI KORBAN BULLYING”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3572–3581. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3253.
Bagian
Artikel

Referensi

Andini, Hermawan, I., & Farida, N. A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Baamboozle Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI Di SMPIT Al-Ridwan Karawang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 9(2), 115–132. https://doi.org/doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1591

Anwar, S., & Jasiah. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam.

Bintang Mahrani Abdullah, Miftahul Jannah, Yunita Azhari, & Juni Sahla Nasution. (2024). Konsep Media Pembelajaran Menyimak di Kelas Tinggi. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1505

Destriana, D. R., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Hukum Newton. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 9(1), 23. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.12908

Devi Ayu Lestari, Wanda Kholisah, & M. Rifqi Januar Supriyanto. (2024). Pentingnya Etika dan Moral dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 43–49. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3878

Dibtasari, B. A., Untari, E., & Sutansi, S. (2022). Media Development of Animated Learning Videos Pure Substance and Mixture Substance in 5th Grade Elementary School. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 154. https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11501

Fauzi, A., & Hidayati, A. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Siswa Kelas VII MTSN. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4099–4110.

Fransiska, D., & Darwis, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Berorientasi PAIKEM Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan …, 04(01), 104–115.

Husnadhifa, L. Z., Mulia, D., & Asmiati, N. (2025). PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 934–940. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2681

Jasmine Riani Johan, T. I., & Maulana., dan A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.

Lestari, R., Jasiah, J., Rizal, S. U., & Syar, N. I. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 7(1), 34. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.34-43

Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Mega Ulpah, A. R. (2024). Need Analysis Vidio Animasi pada Materi Adzan dan Shalat Di Kelas Vll MTs DARUL AMIN PALANGKA RAYA. Tarbawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 9(2), 69–79. https://doi.org/doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1793

Miftahul Rahmah, J. (2025). Pengembangan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Pada Model Assure Dalam Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Sains Student Research, 3(1), 468–478.

Nur Azmi Alwi, & Putri Lestari Agustia. (2024). Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095

Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Paramansyah, A., Casmito, C., Taukhid, A., & ... (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Dalam Era Digital. Jurnal Tahsinia, 4(2), 172–185. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.512

Pratiwi, A. K., Makhrus, M., & Zuhdi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 290–295. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.240

Rahmi, A., & . B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Lectora Inspire Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 114. https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29382

Raudhatul Jannah, H. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Operasi Bilangan Dua Angka Kelas 2 SD. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 148–155.

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Yeni Apriliyanti, J. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Sains Student Research, 3(1), 366–373.

Yulia Rosi, Jesi Alexander Alim, Z. A. (2025). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS BUDAYA MELAYU PADA MATERI GEOMETRIDI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2700

Zamsiswaya, Sawaluddin, B. S. (2024). Model Pengembangan 4D ( Define , Design , Develop , dan Disseminate ) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Journal Of Islamic Education El Madani, 4, 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.135