PENGARUH PERMAINAN KARTU BILANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PADA OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS II SDN BULAK RUKEM TIMUR 1 SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Matematika merupakan mata pelajaran fundamental yang berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis siswa sekolah dasar. Operasi perkalian menjadi kompetensi dasar yang perlu dikuasai karena merupakan fondasi untuk memahami materi matematika lanjutan. Namun, pembelajaran di SDN Bulak Rukem Timur 1 Surabaya masih didominasi metode ceramah dan latihan tertulis yang kurang menarik sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan kartu bilangan terhadap keterampilan berhitung operasi perkalian siswa kelas II. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pretest dan posttest pada 31 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 59,84 pada pretest menjadi 84,58 pada posttest, dengan 81% siswa mengalami peningkatan keterampilan berhitung. Media permainan kartu bilangan terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, media ini menjadi alternatif solusi yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.
Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875–883.
Miftahuddin, M., Arofah, F., & Salatiga, I. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 2622–7282.
Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan lambang bilangan melalui media kartu angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160–171.
Pamong, G., Susanti, M. M. I., & Setyawan, T. Y. (2021). OPTIMALISASI KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF PTK DARING.
Tabitha, N. A., Zaliani, I., Liza, N., Al Zenyta, N. F., Azrai, E. P., & Pusparini, F. (2024). Memanfaatkan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Partisipasi Siswa di Kelas Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 1–10.
Tombuku, A. D., & Melati, F. V. (2025). ANALISIS HAMBATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MATA PEBELAJARAN IPA SDN 09 RANGKANG. Jurnal Citra Pendidikan, 5(2), 101–113.
Yonny, A., & Yunus, S. R. (2011). Begini cara menjadi guru inspiratif & disenangi siswa. Media Pressindo.