PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DUOLINGO BERBASIS AI TERHADAP HASIL BELAJAR VOCABULARY BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SDN 023905 BINJAI UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran Duolingo berbasisis AI terhadap hasil belajar Vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas III SDN 023905 Binjai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dan dengan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 023905 Binjai Utara dengan jumlah 25 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,060 > 0,05 dan posttest sebesar 0,141 > 0,05. Uji homogenitas juga menunjukkan bahwa data bersifat homogen dengan nilai signifikansi sebesar 0,153 > 0,05. Analisis data menggunakan uji t (dependent sample test) menghasilkan thitung sebesar 12,901 > ttabel 2,580. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 memperkuat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran Duolingo berbasis AI terhadap hasil belajar Vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas III SDN 023905 Binjai Utara berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.
Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, T. M., Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., ... & Rahmat, A. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.
Husaini, M. (2023). Penerapan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V MIN 10 Aceh Besar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Ivan Fanani Qomusuddin, M. P. M. T., & Siti Romlah, M. A. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.
Jamil, I. M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1).
Juniansyah, D., Kurniawan, F., & Syarifuddin, S. (2024). Pengaruh Implementasi Game Duolingo terhadap Kemampuan Linguistik pada Siswa. Journal on Education, 6(4), 21153-21161.
Lena, M. S., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 41-47.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).
Mayasari, E., & Tes, I. (2023). Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56-66.
Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, L. (2024). Implementasi Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa SMPN 19 Mataram. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 673-684.
Saragih, D. K. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2569-2577.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43-56.
Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316-325.
Uswatun Khasanah, Pengantar Mikroteaching, (Yogyakarta : CV Budi Utama, 2020).
Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan aplikasi Duolingo Dalam meningkatkan kamampuan kosakata Bahasa Inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar Omega Sains Institut. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Zamzami, M. F. (2019). The effect of using duolingo application through students' vocabulary mastery (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).