PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Isi Artikel Utama

Daeng Intan
Darta
Moh. Nurhadi

Abstrak

Panalungtikan ieu boga tujuan pikeun nyaho pangaruh model Project Based Learning anu dibantuan ku Wordwall pikeun ningkatkeun kamampuhan pamahaman konsep matematis murid kelas IV SD dina bahan ajar Bangun Datar. Panalungtikan ieu dilaksanakeun di SD Ganesha Kota Bandung. Metode nu dipake nyaeta pendekatan kuantitatif kalayan metode quasi eksperimen make desain non
equivalent control group design. Instrumen nu dipake dina panalungtikan ieu nyaeta
10 soal pilihan ganda jeung 5 soal esay. Populasi panalungtikan ieu teh diwangun ku 19 urang murid kelas IV A (kelas eksperimen) jeung 19 urang murid kelas IV B (kelas kontrol) di SD Ganesha Kota Bandung. Kelas IV A narima perlakuan ku model diajar Project Based Learning anu dibantuan ku Wordwall, sedengkeun kelas IV B diajar kawas biasa (konvensional). Data dikumpulkeun tina hasil pretest jeung posttest oge tina lembar observasi, tuluy dianalisis ngagunakeun uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi jeung uji effect size. Hasil panalungtikan nunjukkeun aya kanaekan nu signifikan dumasar kana uji gain ternormalisasi kalayan nilai 0,2990%. Salian ti eta, pangaruh nu signifikan antara kelas eksperimen jeung kelas kontrol oge kacida katingalina ngaliwatan uji effect size kalayan nilai 1,431.Ku kituna, bisa dicindekkeun yen aya paningkatan jeung pangaruh nu signifikan kana kamampuhan pamahaman konsep matematis murid antara kelas eksperimen nu ngagunakeun model diajar Project Based Learning dibantuan ku Wordwall jeung kelas kontrol nu ngagunakeun model pembelajaran konvensional.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Intan, Daeng, Darta, dan Moh. Nurhadi. “PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4963–4971. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3395.
Bagian
Artikel

Referensi

Adolph, R. (2016). No Title No Title No Title. 1–23.

Afriana, J. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) Makalah. Universitas

Pendidikan Indonesia, 4–17.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian

Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2),

–6.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model

Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Astuti, W., & Wijaya, A. (2021). Learning trajectory berbasis proyek pada materi

definisi himpunan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 254–266.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.16483

Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika dan

Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7),

–2056.

Az Zahrah, R. amalia, & Anwar, K. (2023). The Effect Using Wordwall Game

Applications To Improve Student’s Vocabulary In Chumchon Ban

Phanokkhao School. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 18.

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5246

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran

Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa

SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48–58.

https://doi.org/10.17977/um017v20i12015p048

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., &

Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan

Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–

https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

de Houwer, J., Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the

nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin

and Review, 20(4), 631–642. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3

Dianti, Y. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. In Angewandte Chemie

International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iaintulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Emilia, F., Rulyansah, A., Amin, S. M., & ... (2024). Improving Mathematical

Understanding Through the Use of Wordwall Media in Elementary Schools.

BASICA Journal of …, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/basica.v4i1.5379

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas

Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaranmatematika-inovatif/

Fajrin, F. Q., Prawesti, V. Della, Nabilah, T. Z., Cahyaningrum, F. N., Faradisi, A.

R., Sari, E. A., & Savitri, R. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget

Pada Motivasi Belajar Siswa. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran

Dan Pendidikan), 1(2), 673–683.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal

Soedirman, 1–17.

Fukuda, T., Baba, K. I., & Shimojo, S. (2012). Network design for contention

avoidance in optical broadcast network. 2012 International Conference on

Photonics in Switching, PS 2012.

Gede Heri Pilawinata, I., Dewa Kadek Putrayasa, I., Putu Agus Suryadi, I., Nyoman

Sukerta Yasa, I., Sari, N., Negeri, S., Bali, T., No, S., Bali, B., Bali, D., &

Barat, L. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui

Model Project Based Learning. 15(1), 23–30.

http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap

Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk.

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41.

https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa.

BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314.

https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan :

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hardinata, Djulia, Bukhari, S. (2021). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal

Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(4), 54–60.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PJBL to Improve Student Creativity: A

Descriptive Study of the Role of the Pjbl Learning Model in Improving

Student Creativity. Journal of PGRI University Lecturers Palembang, 2(1), 1–

https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada

STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer),

(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32

Irembere, W. R. (2019). Fostering Creative Skills for Students Using Project-Based

Learning. International Forum Journal, 22(2), 102–115.

https://journals.aiias.edu/info/article/view/36

Julie, L. J. H., & Maat, S. M. (2021). The Utilisation of Textbook in Teaching and

Learning Mathematics among Primary School Mathematics Teachers.

International Journal of Academic Research in Progressive Education and

Development, 10(2), 907–921. https://doi.org/10.6007/ijarped/v10-i2/10174

Kholidah, Hidayat, Jamaludin, Leksono, 4Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

KAJIAN ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK

MENUMBUHKAN NILAI KEARIFAN LOKAL DAN KARAKTER

SISWA SD CHANOS CHANOS).MELALUI SATE BANDENG. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, & ISSN. (2023). Koji Hosokawa * 1,2 Tomoya

Kikutabi*3 Yurie Obata*4. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora,

(4), 342–346.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis

Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model

Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898

Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman

Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Terpadu (JPPT), 01(01), 13–23. https://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/345

Ma’rifah, S. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA.

Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Makbul, M. hlm. 25. (2021). Makbul, M hlm. 24. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Natty, R. A., & Kristin. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu,

(1), 466–467. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam

Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan

Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50.

https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning

(PjBL) learning model in science learning: Literature review. Journal of

Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-

/2019/1/012043

Padangsidimpuan Afridapane, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu

Keislaman, 03(2).

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F.

(2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media

Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(1), 177–180.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024).

Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap

Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan

Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749

Rajagukguk, M. J. T., & Naibaho, D. (2023). Mampu Memilih Soal Berdasarkan

Tingkat Kesukaran. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 01(4), 1–23.

Sadiyyah, I., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning

untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan

Energi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary

Education (SAEE), 2(1), 35–42.

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap

Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran

Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41.

https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal

VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori

untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40.

http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155

Sukmayasa, I. M. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning

Terhadap Prestasi Belajar Statistika Pendidikan Mahasiswa Pgsd. Widyaguna:

Jurnal Ilmiah …, 1(September), 16–22.

https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/3

/2686

Sumarni, Y. (2015). Matematika Dalam Ilmu Manajemen. Jurnal Equation, 1(1),

–24.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta

Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal

IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir

penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran,

(1), 160–166.

Ummah, M. S. (2019). No Analisis Struktur Kovarians terhadap Indikator

Kesehatan Terkait pada Lansia yang Tinggal di Rumah dengan Fokus pada

Persepsi Subjektif tentang Kesehatan Title. Sustainability (Switzerland),

(1), 1–14.

http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-

ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciu

rbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484

_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Verina, I., & Juandi, D. (2022). Indonesian Students’ Conceptual Understanding in

Mathematics based on Learning Style: Systematic Literature Review (SLR).

Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and

Education, 7(2), 160–170. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6409

Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2020). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap

prestasi belajar matematika. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1),

–169.http://ejurnal.mercubuana

yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/download/1095/671

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan

Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.

Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79.

https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal

Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45.

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863

Yusri, R., Yusof, A. M., & Sharina, A. (2024). A systematic literature review of

project-based learning: research trends, methods, elements, and frameworks.

International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(5), 3345–

https://doi.org/10.11591/ijere.v13i5.27875