PENGGUNAAN EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH KABUPATEN BANJAR

Isi Artikel Utama

Jumiati Jumiati
Tutus Rani Arifa
Sari Kumala

Abstrak

Penanaman konsep kepada siswa ditentukan oleh guru. Model dan teknik pembelajaran digunakan dan dipilih serta media pembelajaran ditetapkan oleh guru yang proses pembelajarannya ditentukan dari keberhasilan kemampuan dan potensi dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA dalam penggunakan education game di sekolah Kabupaten Banjar yaitu Sekolah Dasar Islamic Bilingual Science (IBS) Yayasan Pondok Darul Hijrah Puteri dan MI Bitsalaasi lughaat An-Najah Cindai Alus daerah Martapura Kabupaten Banjar. Sedangkan education game yang digunakan yaitu permainan bintang berkelip. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada penelitian ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisa didapatkan hasil pembelajaran siswa meningkat dapat dilihat pada setiap siklus yaitu siklus I pertemuan I yaitu 68,42%, pertemuan II 84,17% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan siklus II pertemuan I yaitu 91,66%, pertemuan II meningkat menjadi 94,73% pada sekolah dasar IBS dan siklus I pertemuan I yaitu 82,53% pertemuan II 94, 74% sedangkan siklus II pertemuan I yaitu 84,44%pertemuan II 98,48 pada sekolah MI Bitsalasi Lughaat.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa education game dengan permainan bintang berkelip dapat digunakan pada salah satu alternative pembelajaran IPA.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jumiati, Jumiati, Tutus Rani Arifa, dan Sari Kumala. “PENGGUNAAN EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH KABUPATEN BANJAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 23, 2022): 265–269. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/34.
Bagian
Artikel

Referensi

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ismail, A. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Rohwati.M (2012), Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup.Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Isjoni. (2007). Cooprative Learning : Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor; Ghalia Indonesia.