ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 4 SDN 17 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Isi Artikel Utama

Velda Artha Djaya
Ayu Sulistia
Krida Astama
Masayu Niki Nesasari
Mujainah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan di balik rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Palembang tahun ajaran 2024–2025. Salah satu faktor penting yang memengaruhi prestasi akademik siswa adalah keinginan mereka untuk belajar lebih giat. Namun, berdasarkan pengamatan awal, diyakini bahwa mayoritas siswa kelas empat menunjukkan tingkat partisipasi dan antusiasme yang tinggi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Menurut temuan penelitian, sejumlah faktor berkontribusi terhadap rendahnya motivasi belajar, termasuk hubungan antarindividu yang rendah, metode pengajaran yang tidak memuaskan, lingkungan belajar yang tidak alami, dan harga diri siswa yang rendah. Diharapkan hal ini dapat menjadi landasan bagi para pemimpin sekolah dan guru dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Artha Djaya, Velda, Ayu Sulistia, Krida Astama, Masayu Niki Nesasari, dan Mujainah Mujainah. “ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 4 SDN 17 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2024/2025”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4972–4976. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3412.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Ni’mah, L. S., Inayah, C., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Sd Di Sekolah Indonesia Den Haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52–63.

Amrulloh, A., Aliyah, N. darajaatul, & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 188–200. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5656

Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564–576. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38.

Fauzan, M. A., Nurmalasari, Y., & Anggunan, A. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 105–111. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.517

Halawa, A. N., & Mulyani, D. (2023). Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 57–64.

Neni Fitriana, H., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Article Analysis Of Motivation Methods And Student Learning Motivation Functions. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203.

Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 172–184.

Wardani, D. K., & Khikmah, N. (2019). Exact Papers in Compilation Analisis Regresi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa kelas XI di MAPK Al-Hidayah Baron Nganjuk. Exact Papers in Compilation, 3(3), 419–424.