PERAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI KELAS VA UPTD SDN DEMANGAN 1 BANGKALAN)

Isi Artikel Utama

Yulia Ambar Wati
Nilamsari Damayanti Fajrin

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membentuk sikap disiplin siswa di kelas VA UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling serta menggunakan teknik Miles and Huberman dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas VA di UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan adalah, 1) guru berperan sebagai pendidik dengan mengingatkan siswa untuk patuh terhadap aturan, 2) guru sebagai motivator meliputi pemberian apresiasi kepada siswa agar selalu taat terhadap aturan, 3) guru sebagai pembimbing yang berperan memberikan arahan kepada siswa, 4) guru sebagai model dan teladan yang berperan menanamkan nilai kedisiplinan kepada siswa melalui keteladanan. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ambar Wati, Yulia, dan Nilamsari Damayanti Fajrin. “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI KELAS VA UPTD SDN DEMANGAN 1 BANGKALAN)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4415–4421. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3448.
Bagian
Artikel

Referensi

Abbas, Z., Prasetya, B., & Susandi, A. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 447-458.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kencana.

Aprilia, D., Rusnaini., Yuliandari, E. (2022). Strategi Guru PPKN Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Peserta Didik SMA N 2 Karanganyar. PKn Progresif, 17(1), 36-52.

Bisri, H., & Ulfa, M. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Ebtida': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(01).

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Keprofesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Firmansyah, M. R. A., (2023). Konsep Modelling Albert Bandura dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Kandiri, & Arfandi. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1-8.

Marhan. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Role Model Dalam Pendidikan Karakter Siswa di SD IT Insan Mulia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Masrur, M. (2023). Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa Sekolah Dasar Islam Darul Huda Genuksari. Skripsi. Universitas Sultan Agung.

Mulyani, F. (2009). Konsep kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (kajian ilmu pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(01), 1-8.

Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratnawati, Etty. (2015). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasinya): Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 4(2), 1-23.

Rohman, N. (2019). Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas V Di MIN Jombang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, I. A., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Analisis Pemberian Reward Dan Punishment Pada Sikap Disiplin SDN 01 Sokaraja Tengah. Jurnal Educatio FKIP Unma, 5(2), 84-91.

Wiyana, N. A. (2013). Membentuk Pendidikan Karakter Di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.