MENGATASI KESULITAN KONSENTRASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Konsentrasi merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, khususnya di tingkat sekolah dasar. Banyak siswa mengalami gangguan konsentrasi yang berdampak negatif pada prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan layanan bimbingan konseling dalam membantu siswa mengatasi kesulitan konsentrasi. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan fokus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling dapat meningkatkan konsentrasi siswa melalui strategi individual maupun kelompok, serta penggunaan metode seperti teknik relaksasi, permainan konsentrasi, dan manajemen diri. Kesimpulan menunjukkan bahwa bimbingan konseling berperan signifikan dalam membantu siswa mengembangkan fokus dan perhatian dalam belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Prayitno, E. (2004). Wawasan Profesional Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Sukardi. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Pustaka Setia. Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya. Surya, M. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Hakim, Thursan. 2008. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta : Puspa Swara Hendra
Surya . 2009 . Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Hendra Surya . 2010 . Jadilah Pribadi Yang Unggul. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Kanto, Kulasse . 2015. The Influence Of Motivation And Work Satisfaction Toward Perfomance Of Senior High School Guidance And Counseling Teachers In South Sulawesi. Vol 3, Issue 2. Hlm 386-401.
Nakita. 2013. 11 Dongeng Pembangkit Semangat. Jakarta : PT Penerbit
Fauzia, C., Marcelya, D., Lestari, E. A., & Annisa, R. W. (2023). Peningkatan Konsentrasi Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Program Bimbingan Belajar. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(2), 367-376.
Ilahi, A., Maraguna, T., Nurbaiti, N., & Theresia, M. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Tematik Menggunakan Model Pembelajaran ExamplebNon Example Kelas V SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(3), 7-16.