PEMANFAATAN MEDIA KUIS WORLDWALL UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGENAL JENIS UANG DI KELAS I SDN 025 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Tria Apriyani
Lyra Guswita Almuhsona
Efpri Tiara
Murni Amelia Putri
Asyifa Nabila
Ana Theriana

Abstrak

Melalui penggunaan kuis interaktif Worldwall pada mata pelajaran Bahasa Indonesia “Mengenal Jenis-Jenis Uang” di kelas I SDN 025 Palembang, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart digunakan sebagai metodologi. Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi adalah fase-fase yang membentuk setiap siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan penilaian tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Worldwall dapat meningkatkan motivasi siswa. Sebelum tindakan, rata-rata skor kuesioner Antusias siswa adalah 63,08%; setelah tindakan, skor tersebut meningkat menjadi 83,08%. Selain itu, dari rata-rata 73,27 pada siklus I menjadi 79,46 pada siklus II, hasil belajar siswa juga meningkat. Hasilnya, media Worldwall berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa di dalam kelas serta menumbuhkan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Apriyani, Tria, Lyra Guswita Almuhsona, Efpri Tiara, Murni Amelia Putri, Asyifa Nabila, dan Ana Theriana. “PEMANFAATAN MEDIA KUIS WORLDWALL UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGENAL JENIS UANG DI KELAS I SDN 025 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4070–4077. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3506.
Bagian
Artikel

Referensi

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fitriani, A., & Nugroho, R. A. (2021). Penggunaan Media Interaktif Worldwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2205–2214.

Mustari, M., & Rahman, F. (2021). Strategi Pembelajaran Menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 45–52.

Roestiyah, N. K. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setiawan, A., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Media Digital Interaktif terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 98–105.

Sugihartono, et al. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianti, D., & Subekti, E. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Dasar, 3(1), 20–30.