MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III D DI UPTD SD INPRES LILIBA KOTA KUPANG

Isi Artikel Utama

Melania Minartin Go’o Tonggo
Markus Sampe
Rista Apriliya Devi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III D di UPTD SD Inpres Liliba Kota Kupang. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara menyeluruh, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas III D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. 


Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkannya model CIRC. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 69 pada siklus I menjadi 93 pada siklus II. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah model CIRC dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang mendorong keterlibatan aktif siswa dan pemahaman bacaan yang lebih baik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tonggo, Melania Minartin Go’o, Markus Sampe, dan Rista Apriliya Devi. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III D DI UPTD SD INPRES LILIBA KOTA KUPANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4307–4314. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3511.
Bagian
Artikel

Referensi

Nurhayati, S. (2022). Penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 85–93.

PISA. (2019). Programme for International Student Assessment: Indonesia Country Note. OECD. https://www.oecd.org/pisa/publications/

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik (terj. Narulita Yusron). Nusa Media.

Sumiyani, A., Hartono, R., & Maulidiyah, L. (2019). Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 10–17.

Tsaqofah, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 55–64.

Wahyuni, D. (2020). Implementasi model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(1), 72–80.

Yasin, M., & Ahkam, D. (2023). Analisis tematik dalam penelitian tindakan kelas: Pendekatan interpretatif. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 5(2), 101–110