PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT FARDU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 SALAMAE PALOPO

Isi Artikel Utama

Annisa Afiat Nabilah
Muhaemin
M. Ali Nurdin

Abstrak

Skripsi membahas penerapan metode drill untuk meningkatkan kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV. Kondisi awal terlihat minimnya kesadaran salat fardu peserta didik yang tercermin dari kurangnya keterampilan dalam menguasai bacaan dan gerakan salat serta minimnya presensi kehadiran peserta didik dalam melaksanakan salat zuhur di mushola sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode drill berbantuan jurnal salat dalam meningkatkan kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV SDN 5 Salamae Palopo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Eksperimental Semu (Quasy Experiment) dengan model kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 9 bulan dengan melibatkan 46 orang peserta didik dengan membandingkan progres yang nampak dari kelas eksperimen yang mendapatkan treatment dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan apapun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, tes, serta menggunakan instrumen jurnal salat kemudian dianalisis secara kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV SDN 5 Salamae Palopo masih rendah dan belum terbentuk secara konsisten. Penerapan metode drill secara terstruktur dan berulang terbukti efektif membentuk pembiasaan serta meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pelaksanaan salat berjamaah. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan kedisiplinan salat yang signifikan setelah penerapan metode drill , dengan nilai N-Gain mencapai kategori cukup efektif dan hasil uji-t menunjukkan signifikansi tinggi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nabilah, Annisa Afiat, Muhaemin, dan M. Ali Nurdin. “PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT FARDU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 SALAMAE PALOPO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3993–4011. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3560.
Bagian
Artikel

Referensi

Al-Jaza’ir, Abu Bakar Jabir. Minhajul Muslim. Surakarta: Penerbit Insan Kamil, 2009.

Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. Sirah Nabawiyah. Jawa Timur: Pustaka al-Kautsar, 1997.

angrayni, afrita. “Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 2019, 3.

Aziz, Sabriati. Peliharalah Dirimu Dan Keluargamu. Yogyakarta: Wonderful Publishing, 2022.

Camelia, Farrah. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (2020): 3. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474.

Center, Tim Ilmiah Indonesian Community Care. Serial Dasar-Dasar Islam. Yayasan Syafi’i, 2024.

Elkarimah, M F, and L Tiwiyanti. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Inggris; Pesantren Hayatinnur Dengan Menggunakan Metode Drill.” Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada … 2, no. 2 (2024): 517–23. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/442%0Ahttps://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/download/442/337.

Firmadani, Fifit. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660.

Ghoffar, M. Abdul. “Terjemah Tafsir Ibnu Katsir,” 8th ed., 700. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2004.

Hasriadi. Strategi Pembelajaran. Edited by Firman. 1st ed. Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2022.

Irvan Lasaiba, Azwar Abdollah, Indrayani Sima Sima Sohilauw. Metode Penelitian Eksperimen, 2023.

Jelly Ratih Rahayu. “Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II” 7, no. 3 (2021): 1028. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Bogor: Unit Percetakan Al-Qur’an, 2018), h. 277., n.d.

Khakim, Mohamad Lukman, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Anita Puji Astutik, and Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. “Penerapan Metode Drill Dalam Upaya Penanaman Karakter.” Jurnal Program Studi PGMI 11 (2024): 995.

Kolipah, Siti. “Penerapan Metode Drill Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Yang Memuat Drama Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018 / 2019.” Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan 2, no. 1 (2022): 44.

Latipah, Siti Latipah, Ana Maulidina, Zuzun Sukma Ria Qurrota Ayun, Ratna Komalasari, and Siti Asiah. “Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Mau’izhoh 6, no. 1 (2024): 750. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8550.

Megawati, Sulistya, and Henry Maksum. “Analisis Penggunaan Metode Bermain Dan Metode Drill Terhadap Keterampilan Pasing Sepak Bola.” Journal Sport Academy 1, no. 1 (2022): 37. https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.2.

Nurhikmah, Muhaemin, Hilal Mahmud. “Sinergitas Pengawas Dan Kepala Sekolah Dalam Pencapaian Standar Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pend.” Journal of Islamic Education Management 8, no. 1 (2023): 61.

Nurul Wahidatur Rahmah, Hery Noer Aly. “Penerapan Teori Behavorisme Dalam Pembelajaran.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 6 (2023): 69. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5425.

Nuzulia, Atina. “Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Bahasa Arab.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7, no. 1 (2024): 10.

Pratama, Eka Setia, and Khairul Umam. “Upaya Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Dan Demonstrasi.” Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, n.d., 201–10.

Purwadi, A J, D Yulistio, and R Kurniawan. “Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru SMKN 3 Kota Bengkulu.” Jurnal Abdi Pendidikan 02, no. 1 (2021): 6–15. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/17887.

Qurani, ’A’id ibn ’Abd Allah. Terjemah Tafsir Muyassar. Qisthi Press, 2008.

Rahman, Khalilur, Martin Kustati, Rezki Amelia, Universitas Islam, Negri Imam, Bonjol Padang, and Peserta Didik. “Penerapan Metode Drill Dalam Membantu Peserta Didik Untuk Menghafal Ayat Dan Terjemahan Qs. An-Nas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pembelajaran Aktif 6, no. 1 (2025): 730.

Rencana, Penyusunan, Strategis Renstra, and M Alinurdin. “SEMPUGI Pendampingan Stakeholder Sekolah Melalui Kegiatan.” Journal Sempugi Pendampingan 1 (2023): 54.

Rifa’i, Moh. Risalah Tuntunan Salat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2019.

Ritonga, Mahyudin, Yeddawati Matondang, Miswan Miswan, and Parijas Parijas. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat.” Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2020): 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106.

Rokhmah, Dewi. “Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa Di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro.” Jurnal Pendidikan Madrasah 6, no. 1 (2021): 105. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-14.

Rusfi, Adriano. Menumbuhkan Dan Merawat Fitrah Keimanan. Bogor: CV. Salamuda Creative, 2021.

Seri Rezki Fauziah. “Upaya Peningkatan Kesadaran Salat Berjamaah Murid Melalui Buku Setoran Di Madrasah Diniyah Awaliyah An-Nadzir Bedikulon Bungkal Tahun 2018 – 2019,” 2019, 2.

Shihab, M. Quraish. M. Quraish Shihab Menjawab. Tangerang: Penerbit Lentera Hati, 2008.

Somad, Abdul. 99 Tanya Jawab Seputar Salat. Tafaqquh Media, 2009.

Tambak, Syahraini. “Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 2 (2016): 118–26. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517.

Tim Ulama Fiqih asuhan Syaikh Salih bin Abdul Aziz Alu asy Syaikh. Fikih Muyassar. Jakarta: Darul Haq, 2012.

Witarsa, Ramdhan. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2022.

Yetti Hidayatillah, Jamilah, Nur Fitriya, Dkk. Metode Pembelajaran Guru & Dosen Kreatif. Edited by Adirasa Hadi. One editio. Jawa Timur: CV. Global Aksara Pres, 2021.