PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SUJU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 1 BAE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

Muhammad Noor Islahuddin
Farikhatul Atiqoh
Lovika Ardana Riswari

Abstrak

Rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika masih menjadi salah satu tantangan utama dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Matematika sering dianggap sulit dan membosankan, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran SUJU terhadap minat belajar siswa kelas III SDN 1 Bae dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) model one group pretest-posttest. Objek penelitian terdiri dari 19 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat belajar dalam bentuk skala Likert sederhana, observasi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji t berpasangan (paired sample t-test) melalui aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor minat belajar dari 43,32 menjadi 51,68 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran SUJU berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Media SUJU terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Noor Islahuddin, Muhammad, Farikhatul Atiqoh, dan Lovika Ardana Riswari. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SUJU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 1 BAE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3889–3894. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3615.
Bagian
Artikel

Referensi

Andini Kusumastuti, D., & Ali Ghufron, M. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. 212–224. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i4.861

Andriyani, D. D., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2024). Penggunaan Model STAD Berbantuan Media Bianglala terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD (Vol. 18, Issue 1).

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1978–1986.

Apriyantini, N. P. D., Warpala, I. W. S., & Sudatha, I. G. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 40–45.

Aulia, D. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V di sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.

Hilyana, F. shoufika, Ermawati, D., Riswari, L. A., Najikhah, F., & Hariyadi, A. (2024). Upaya Meningkatkan Literasi Digital Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Brain Teaser. UN PENMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Negeri), 4(1), 100-110. 4(1), 100–110. https://doi.org/10.29138/un-penmas.v4i1.2714

Budi, N. I. S., Pratiwi, I. A., & Riswari, L. A. (2024). Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 6(2).

Kameliani, H. F. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Temanggung. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Lungdiansari, N. A., Riswari, L. A., & Sekar, D. A. (2024). Improving Students Critical Thinking Ability Through MABER Media (Multimedia Form of Interactive Energy) in Elementary School. Jurnal Pijar Mipa, 19(4), 738–745. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i4.7238

Maisarah, C., Ikhsan, M., & Umam, D. K. (2021). Persepsi Siswa dengan Latar Belakang Pendidikan Tahfidzul Quran terhadap Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 222–230.

Mufliah, M., & Puspita W, D. M. A. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Inovasi Pembelajaran SKI Berbasis Smart TV di MTs Irsyadun Nasyi’in. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1539–1554. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.802

Muhibbah, L. (2023). Efektivitas Metode PQRST untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 93–114. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.761

Muthia, N., & Purwanto, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII Jurusan DPIB Sekolah Menengah Kejuruan. 2(1), 33–42. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPTB

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 MI AL HIKMAH 1 SEPATAN. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Permatasari, K. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH (Vol. 17).

Prasetiyo, A., Nugroho, R. A., & Kunci, K. (2023). Kontribusi Sport Massage Menggunakan Teknik Dasar Manipulatif Terhadap Penurunan Asam Laktat Pada Atlet Atletik Article Info ABSTRAK. In Aisyah Journal Physical Education (Vol. 2, Issue 1).

Putu Wulan Pratami Dewi, N., & Ngurah Sastra Agustika, G. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRITerhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika (Vol. 4, Issue 2).

Rahayu, F. P., Syaripah, S., & Anisya, S. (2024). Pengaruh Genially Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SDN 88 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Rahmadi, B. B., Tri Djatmika, E., & Praherdhiono, H. (2024). Belajar Matematika Lebih Menyenangkan: Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Gamifikasi untuk Operasi. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 4). https://jurnaldidaktika.org5045

Rahmadilla, H. H., & Kholidya, C. F. (2025). Penggunaan Media Benda Konkret dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Siswa K elas II SDN Punggul I. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(11).

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2). https://doi.org/10.21093/jtik.v4i2.6761

Sakina, U. P., Gunawan, G., & Irsal, I. L. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (ZPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 03 Kepahiang. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Susanti, D. T., Amalia, R., Amara, S., Sari7, E., Sultan, U., Muhammad, A., Samarinda, I., & Samarinda, T. K. (2025). Meningkatkan Pemahaman Warna dan Angka pada Anak ADHD melalui Metode Pembelajaran Interaktif di TK Keledang Samarinda. In Humanity Journal (Vol. 4, Issue 1).

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140.

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP TPACK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN HAWGENT DYNAMIC MATHEMATICS SOFTWARE. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214

Winiarsih, I. , H. A. R. , & S. N. I. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal matriks ditinjau dari gaya belajar. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139-146. www.tcpdf.org