PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI SEMAMBUNG II
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitia Siswa kelas IV SD sering merasa jenuh saat mempelajari mata pelajaran IPAS dikarenakan guru masih menggunakan media yang kurang menarik, sehingga prestasi belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap hasil belajar IPAS pada topik Kini Aku Menjadi Lebih Tertib mengenai Materi Aturan Tertulis dan Aturan Tidak Tertulis di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode PreEksperimen yang menggunakan Desain One Group Pre-Test Post-Test. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dengan sampel jenuh yang terdiri dari 30 siswa di kelas IV. Disebut sampel jenuh karena semua populasi digunakana sebagai sampel. Penggunaan media Flash Card sebelum perlakuan diberikan nilai rata-rata pre-test siswa adalah 56 dan meningkat setelah perlakuan media flash card, dengan nilai rata-rata post-test menjadi 86. Hasil uji normalitas Shapiro-wilk menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig.) untuk data pre-test adalah 0,103 dan untuk post-test adalah 0,059. Penggunaan media flash card berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada topik kini aku menjadi lebih teratur sebagai siswa kelas IV SD.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.
Libunelo, A., Rahim, S., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh Penggunaan Media flash card Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Energi Kelas IV SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Student Journal of Elementary Education, 9–16.
Safitri, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Ii Di Sdi Integral Luqman Al Hakim 02 Batam. Jurnal As-Said, 1(2), 52–59.
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761.
Sonbai, D. O., Saingo, Y. A., & Lao, H. A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran flash card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Slow Learner Kelas IV SD Negeri Amsila. Juara SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 220–221.
Nurhayati 2021. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Arab di Sdi Integral Luqman Al Hakim 02 Batam. Jurnal As-Said, Vol.1, No.2.
Ningsih, B. W., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 128–132.
Rochanah, S., & Damayani, A. T. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media flash card Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iii Sdn Kalibalik 03 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Jurnal Guru Kita, 2(3), 21–29.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.