PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN IPA KELAS V UPT SDN 023 PANDAU JAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V UPT SDN 023 Pandau Jaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah, seperti kebiasaan membuang sampah sembarangan dan kurangnya partisipasi dalam menjaga kebersihan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, dan enam orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter peduli lingkungan dilakukan guru melalui integrasi nilai-nilai lingkungan dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi ekosistem. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, sekaligus teladan dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan meliputi perawatan lingkungan, pengurangan sampah plastik, pengelolaan sampah sesuai jenisnya, penanaman pohon, dan pemanfaatan barang bekas. Penanaman karakter ini dilakukan melalui pembiasaan, pemberian tugas, kegiatan proyek, serta penguatan sikap positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA dapat menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afriana, S., & Hidayat, N. (2022). Internalisasi Nilai Keagamaan Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(2), 1914–1921. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2246
Arief Setyo Nugroho, Bambang Sumardjoko, & Anatri Desstya. (2023). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i2.5120
Aswan, Rahmawati, & Ristiana, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1049–1058.
Firdaus Daud, Nurfiana Abdullah, M. P. (2022). Kepedulian Lingkungan Berbasis Pengetahuan, Penerimaan Informasi Dan Kecerdasan Naturalistik.
Fitriyeni, F. (2022). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Mahasiswa Pgsd Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 1185–1194. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2153
Fortuna, D., Muhammad Fauzan Muttaqin, & Pebrisa Amrina. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Program Sekolah Adiwiyata Di Sdn Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088–2100. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i4.7557
Hariandi, A., Dwitama, D. B. D. P., Rahman, N. A., Ramadhani, R., & Yunsacintra, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10155–10161. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i12.3328
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700. Https://Doi.Org/10.29210/1202323151
Heti Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiah, A. S. (2021). Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 128–135.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. Https://Doi.Org/10.31970/Gurutua.V4i1.67
Journal, M. N., Cetak, I., & Online, I. (2025). 1* , 2 1-2. 7, 398–410.
Julian, Y. A., Frinaldi, A., & Lanin, D. (2025). Sinkronisasi Kebijakan Dan Praktik Dalam Pengelolaan Sampah Kota Depok : Studi Literatur. 14(2), 204–218.
July, N., Nyoman, I. G., Wibawa, A., Jannah, A. F., Aulia, R., & Hanifah, M. (2025). Penanaman Pohon Sebagai Upaya Penghijauan Di Area Wisata Watu Tanjung Desa Sumber Wangi , Kecamatan Karang Bintang. 2(3), 477–483. Https://Doi.Org/10.37905/Jrpi.V2i3.32016
Keluarga, P., Masyarakat, D., Meningkatkan, D., Belajar, K., Pembentukan Karakter, D., Didik, P., Endah, E., Ahmad, A., Rahayu, D., Intan, D., & Santika, T. A. (2023). Education And Learning Journal. | Anthor: Education And Learning Journal, 2, 2023.
Lisa Dwi Afri, Mega Utami Hasibuan, Nisaiy Darussakinah Harahap, Ananda Aditya Sari Harahap, Siti Fatimah Sitorus, & Dianny Rachma Khairia Batubara. (2024). Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak-Anak Dusun 3 Desa Aman Damai. Nusantara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 65–70. Https://Doi.Org/10.55606/Nusantara.V4i2.2845
Mahadewi, K. J., Plastik, P. S., & Bag, T. (2025). Melalui Pembagian Brosur Dan Tote Bag Di Lingkungan Kelurahan Sanur. 6(2), 1771–1776.
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1344
Novianti, R. (2021). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran Ipa. Jpb - Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16–23.
Nurhakiki, S., & Fitriyeni, F. (2024). Perencanaan Dan Pelaksanaan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika Di Sd. Aulad: Journal On Early Childhood, 7(2), 374–385. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V7i2.671
Nurrohmah, N. (2022). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pemanfaatan Lingkungan Dan Bahan Bekas Sebagai Alat Peraga Edukatif. Al-Athfal: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 13–29.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rismayanti, E. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sdn Petir 1 Kota Tangerang. Inventa, 6(1), 18–28. Https://Doi.Org/10.36456/Inventa.6.1.A4798
Rosela, & Gunansyah, G. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1450–1461.
S.E. Putri, S.S. Zenien, & Amirullah. (2022). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Integrasi Nilai Nilai Islam Dalam Mata Pelajaran Ipa Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 12(2), 81–87. Https://Doi.Org/10.23887/Jppii.V12i2.56560
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa (Forming The Character Of Caring For The Environment In Elementary School Students Through Science Learning). Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212.
Tsania, A., & Wahyu Kurniawati. (2024). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Ipas Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1078–1085. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V8i2.7255
Uttami, D., & Fitriyeni, F. (2024). Dampak Kecanduan Gadget Terhadap Emosional Anak Di Kelas 6 Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 222–232. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V7i4.3812
Zuraidah, Z., Rosyidah, L. N., & Zulfi, R. F. (2022). Edukasi Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Anorganik Di Mi Al Munir Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.29040/Budimas.V4i2.6547