PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING BERBANTUAN GAME WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Model pembelajaran merupakan serangkaian perencanaan yang sengaja disusun oleh guru untuk mencapai tujuan belajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan dari masing-masing peserta didik. Model pembelajaran Self Directed Learning merupakan model pembelajaran yang terfokus pada kemandirian peserta didik dalam belajar. Berdasarkan pengamatan di SDI Al-Ikhlas Karangrejo, kegiatan pembelajaran IPAS sering dilaksanakan dengan model konvensional dan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran monoton dan membosankan khususnya pada materi peta. Materi peta pada mata pelajaran IPAS membahas tentang pengertian peta, fungsi peta, macam-macam peta, kegunaan peta dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara menggunakan peta. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Game Wordwall terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV Mata Pelajaran IPAS SDI Al-Ikhlas Karangrejo. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran self directed learning berbantuan game wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPAS SDI Al-Ikhlas Karangrejo yang dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji-t (uji hipotesis independent sample t test) dengan nilai sig sebesar 0.007 yang menunjukkan bahwa sig < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran self directed learning berbantuan game wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPAS SDI Al-Ikhlas Karangrejo.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dewi, N. P. N., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 83. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20758
Febriani, C., Palangka, U., Jalan, R., Sudarso, Y., Raya, J., & Raya, K. P. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem. 5(1), 11–21.
Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA, 219–227. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1301
Izzatanur, A., & Rachmadtullah, R. (2024). Model Pembelajaran Self Directed Learning ( Sdl ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di. 1(4), 264–272.
Jannah, U. A. K. A. M., Suryadin Hasda, Z. F., Masita, T., & Meilida Eka Sari, M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kusuma, E., & Fadiana, M. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566–1573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7433
Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Hots. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266
Loeng, S., & Story, S. L.-A. S. C. (2020). Self-Directed Learning : A Core Concept in Adult Education. 2020. https://doi.org/10.1155/2020/3816132
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Sarahono, F. R., Lase, A., Laoli, B., & Laoli, E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 218–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.20962
Savira, A., Gunawan, R., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. 4(4), 5453–5460.
Subakthi Putri, I. P., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 186. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137
Sukardjo, M. (2020). Effect of Concept Attainment Models and Self-Directed Learning ( SDL ) on Mathematics Learning Outcomes. 13(3), 275–292.
Wahyuning, A., & Dikeamelia, F. (2024). Jurnal Edusiana : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Ukuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo. 2(1), 62–75.
Winasih, E. W., Parji, & Malawi, I. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Ix Smpn 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 429–441. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.150
Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 52. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.698