PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI JENIS JENIS GAYA KELAS IV SDN 3 REJOAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Ervia Nur Fitriani
Aditya Pringga Satria

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Canva berbantuan Wordwall pada materi jenis-jenis gaya kelas IV dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, angket respon guru dan angket respon peserta didik sejumlah 19. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis Canva berbantuan Wordwall pada materi jenis-jenis gaya kelas IV SDN 3 Rejoagung Kabupaten Tulungagung berdasarkan penelitian validator ahli media adalah sebesar 90% dan ahli materi sebesar 94% dengan kriteria “sangat valid”. Penilaian angket respon guru mendapat nilai 93% dengan kriteria “sangat baik” dan dari angket respon peserta didik uji coba lapangan dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 mendapatkan nilai 92% dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Canva berbantuan Wordwall dapat digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik kelas IV.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitriani, Ervia Nur, dan Aditya Pringga Satria. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI JENIS JENIS GAYA KELAS IV SDN 3 REJOAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4286–4295. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3761.
Bagian
Artikel

Referensi

Adenia, A. P., Juniar, R. D., & Mauliana, M. I. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Memanfaatkan Aplikasi Canva Menggali Kreativitas Guru dalam Pendidikan di SDN Sekarjoho 1. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1182–1188.

Alfa, A. S. S. (2023). Pengembangan E-Modul Canva Tema 7 Subtema 2 Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Macam-Macam Gaya Untuk Siswa Kelas Iv. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3797–3801. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1055

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Khasanah, T., & Prayito, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Keberagaman Budaya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 183–192.

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466

Mukhtar, R. U., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2022). Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 873–886. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1094

Ningrum, A. S., Hadi, W., & Saragih, D. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Berbentuk Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Informasi Siswa Kelas V Sd Tunas Pelita Binjai. Jurnal Tarbiyah, 29(1), 108. https://doi.org/10.30829/tar.v29i1.1375

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Sari, M. L., & Pratikto, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi canva: Efektif dalam meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(2), 236–245. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p236-245