ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 BANDUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berpikir merupakan proses yang berkembang seiring dengan pertumbuhan kognitif anak. Anak-anak memiliki cara berpikir yang berbeda tergantung pada tahapan perkembangan kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Bandung yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik dikelompokkan menjadi 3 tingkat yaitu: tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil tes menunjukkan 5,26% peserta didik pada kategori tingkat berpikir kritis tinggi, 5,26% peserta didik pada kategori tingkat berpikir kritis sedang, dan 94,737% peserta didik pada kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas V di SDN 1 Bandung masih mengalamami kesulitan dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes dan wawancara dimana peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adrillian, H., & Noriza, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik, 57–65. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Dilah, S. (2023). 13. S4 Peran Pembelajaran Ipa Berbasis Higher Order Thinking Skills. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 3197–3208. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10022
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Fauziah, E., & Kuntoro, T. (2022). Modifikasi Intelegensi dan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 49–63. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.694
Fitriya, D., Amaliyah, A., Pujianti, P., & Fadhillahwati, N. fauziah. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(5), 362–366. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366
Maulidya, A. (2018). Anita Maulidya : Berpikir dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381
Megawaty. (2019). Pengaruh Kemampuan Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank X. AkMen, 16(4), 602–612. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/791/785
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Novitasari, N. A., & Laili, A. M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas Viii. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 30–38. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.257
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sari, D. V. P. M., Aini, K., Syarifah, Damayanti, F., Handayani, T., & Nurokhman, A. (2021). Review: Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 5(1), 104–111. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 35–48. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/5341