PENGARUH BUDAYA BELAJAR DI RUMAH DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MALASAN KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya belajar di rumah dan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malasan, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian yang diambil 54 peserta didik kelas IV dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbasis skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya belajar di rumah dan sekolah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Budaya belajar di rumah berkontribusi melalui dukungan dari orangtua dan pembiasaan belajar mandiri. Sementara itu, budaya belajar di sekolah berperan melalui kedisiplinan, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan aktif peserta didik. Berdasarkan uji parsial variabel budaya belajar di rumah (X₁) dan budaya belajar di sekolah (X₂) adalah 0.674, p < 0.001 (signifikan sangat kuat), budaya belajar di rumah (X₁) terhadap motivasi belajar (Y) adalah 0.751, p < 0.001 (signifikan sangat kuat), budaya belajar di sekolah (X₂) terhadap motivasi belajar (Y) adalah 0.777, p < 0.001 (signifikan sangat kuat). Berdasarka hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikan, karena semua nilai p-value <0.001. Berdasarkan koefisien determinasi (adjust R) sebesar 0.686 atau sebesar 68,6%. Disimpulkan bahwa penelitian ini 68,6% memiliki motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel budaya belajar di rumah (X₁) dan budaya belajar di sekolah (X₂).
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ana, Ria Fajrin Rizqy. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.” Jurnal Simki Pedagogia 4(1): 87–98.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 80.
Berangka, Dedimus. 2018. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke.” Jurnal Masalah Pastoral 6(1): 17–46.
Fauzy, Akhmad. 2019. 9 Universitas Terbuka Metode Sampling. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com.
Hariono, Awan, Budi Aryanto, and Cukup Pahalawidi. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Asesmen Keterampilan Bermain Korfball Menggunakan Analisis Exploratory Factor Analysis Dan Confirmatory Factor Analysis Validity and Reliability of the Instrument Construction Skills Assessment of Korfball Usi.” 17(1): 84–89.
Ikhwandari, Lely Afni, Nyoto Hardjono, and Gamaliel Septian Airlanda. 2019. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht).” Jurnal Basicedu 3(4): 2101–12.
Jannah, Diar Miftachul, Muhammad Thamrin Hidayat, Muslimin Ibrahim, and Suharmono Kasiyun. 2021. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3378–84.
Kholis, R Ahmad Nur. 2022. “Indikator-Indikator Budaya Belajar Siswa, Penyebab Dan Faktor-Faktor Pendukungnya.” An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 67–82.
Kusumaningrini, Dyah Lukita, and Niko Sudibjo. 2021. “The Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19.” Akademika 10(01): 145–61.
Lestari, Salsabrina Putri, Dosen Manajemen Unsurya, and Jakarta Pusat. 2023. “Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Divisi Operasional Pt. Pegadaian Galeri 24, Jakarta Pusat.” Jurnal Ilmiah M-Progress 13(1): 83–91.
Maptuhah, Maptuhah, and Juhji Juhji. 2021. “Pengaruh Perhatian Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1): 25–34.