PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBANGDINKAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN SENILAI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IVSDN 17 SIARU KUNIK BOLAI KABUPATEN SOLOK

Isi Artikel Utama

Nurul Fadhilla
Melva Zainil

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan Senilai dengan Model Contextual Teaching and Learning   di kelas IV SDN 17 Siaru Kunik Bolai Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru kelas IV SDN 17 Siaru Kunik Bolai. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah : 1)Observasi, 2) wawancara, 3) Dokumentasi, 4) Tes. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning  dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan Senilai” di kelas IV SDN 17 Siaru Kunik Bolai. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 7 peserta didik atau  47,57 % yang mencapat standar ketuntasan, pada siklus I meningkat menjadi 13 peserta didik yang tuntas belajar pecahan senilai dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 peserta didik yang tuntas belajar pecahan senilai. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu 75.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadhilla, Nurul, dan Melva Zainil. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBANGDINKAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN SENILAI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IVSDN 17 SIARU KUNIK BOLAI KABUPATEN SOLOK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3730–3737. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3811.
Bagian
Artikel

Referensi

Amanah, S. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cengal I. Journal of Innovation in Primary Education, 2(1), 78–83.

Darmawan, Y. I. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning [Improving Students’ Learning Motivation and Learning Outcomes in Mathematics Through Implementation of Contextual Tea. Jurnal Teropong Pendidikan, 1(3), 213. https://doi.org/10.19166/jtp.v1i3.4188

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126

Indah, A. P. N., Nuraeni, I., Azima, N. S., Novitasari, S., & Komariah. (2023). Penerapan Model CTL untuk Melatih Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang di SD Kelas I. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5440–5446.

LUTFIANA, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221

Soeparni, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Teknik Numbered Head Together (NHT). Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 212–222. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.319

Sudarma, I. K., Arta, I. M., & Japa, I. G. N. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–273.

Zainil, M., Helsa, Y., Zainil, Y., & Yanti, W. T. (2018). Mathematics learning through pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) approach and Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012095