PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV UPT SDN 11 SITIUNG

Isi Artikel Utama

Wiwik Okta Susilawati
Ahmad Ilham Asmaryadi
Destri Hidayati

Abstrak

Penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD ini bertujuan untuk mengasilkan bahan ajar LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas beberapa tahapan diantaranya : pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV UPT SDN 11 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Hasil dari validasi ahli isi/materi, validasi ahli Bahasa, dan validasi ahli kegrafikan memperoleh rata-rata 84,44% yang dapat dikategorikan “sangat valid”, sehingga produk lembar kerja peserta didik (LKPD) tersebut dapat digunakan. Hasil validasi ahli modul ajar mendapatkan rata-rata 85% yang dapat dikategorikan “sangat valid”, sehingga modul ajar yang peneliti gunakan dalam mengembangkan produk LKPD tersebut dapat digunakan. Hasil validasi ahli soal dalam pengembangan produk LKPD mendapatkan rata-rata 78,33% Yang dapat dikategorikan “valid dengan sedikit revisi”, sehingga soal instrument efektifitas berupa tes hasil belajar dalam pengembangan produk LKPD tersebut dapat digunakan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wiwik Okta Susilawati, Ahmad Ilham Asmaryadi, dan Destri Hidayati. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV UPT SDN 11 SITIUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 5003–5016. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3816.
Bagian
Artikel

Referensi

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36.

Arum, A. P. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Penataan

Asmaryadi, A. I., Darniyanti, Y., & Nur, N. (2022). Pengembangan bahan ajar e-LKPD berbasis mikir dengan mengunakan live worksheets pada muatan IPA di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7377-7385.

Ellysia, A., & Irfan, D. (2021). Pengembangan e-modul dengan flip pdf professional pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 91-96.

Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378.

Khadijah, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Pada Materi Lingkaran Berbasis Etnomatematika Kerajinan Anyaman Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Smp…. Repo-Mhs. Ulm. Ac. Id, 2, 73–83.

Safitri, A. N., Asmaryadi, A. I., & Subhan, M. (2025). Pengembangan Kuis Menggunakan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Padang Laweh Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2).

Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922-4938.

Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922-4938.

Susilawati, W. O., & Zwastikawati, O. F. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Tanggung Jawab Terhadap Karakter Tanggung Jawab Pada Mahasiswa Ppkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 27-35.

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila kelas IV dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976-7987.

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., Pratiwi, D. O., & Asmaryadi, A. I. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LK) Pendidikan Pancasila Kelas IV Dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 01 Padang Laweh. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6133-6147.

Thiagarajan, S., S. Semmel, D., & I. Semmel, M. (1974). Instructional

Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.

National Center for Improvement of Educational Systems, Mc