STRATEGI, IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PENGUATAN KARAKTER DAN KETERAMPILAN SISWA SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran tematik suatu pendekatan yang sangat potensial dalam kalangan sekolah dasar karena mengintegrasikan berbagai mata pelajaran sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi yang efektif dalam pembelajaran tematik untuk pendidikan karakter dan keterampilan siswa SD; 2) mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik; 3) mengetahui tantangan yang muncul saat menerapkan pembelajaran tematik untuk mendukung penguatan karakter dan keterampilan siswa SD. Penelitian ini melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Dari hasil strategi pencarian ditemukan sebanyak 14.800 artikel dari tahun sebelum 2015-2025 kemudian diseleksi dengan kriteria tahun publikasi 2015-2025 menjadi 6.370 artikel jurnal. Kemudian diseleksi secara bertahap dan sistematis menjadi 65 artikel yang relevan dengan topik strategi, implementasi, dan tantangan pembelajaran tematik untuk penguatan karakter dan keterampilan siswa SD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 20 artikel jurnal yang mampu menjawab pertanyaan penelitian dengan pengumpulan data dilakukan secara sistematis dengan mendokumentasikan semua artikel yang relevan dalam penelitian ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik efektif dalam membentuk karakter siswa jika diterapkan secara terpadu. Strategi yang digunakan meliputi pendekatan kolaboratif, pembelajaran berbasis proyek, dan integrasi nilai karakter dalam tema. Adapun implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik seperti integrasi nilai karakter ke dalam RPP tematik, menyusun kegiatan pembelajaran yang mendidik dan bermakna, pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan belajar. Tantangan yang biasanya terjadi seperti keterbatasan waktu dan media pembelajaran, kesulitan menyatukan berbagai kompetensi dasar (KD) dari mata pelajaran berbeda ke dalam satu tema, hingga kurangnya dukungan dari lingkungan seperti orang tua atau sekolah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Apriani, A.-N., & Komalasari, M. D. (2024). Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Kurikulum Merdeka. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 227. https://doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).227-235
Aprilia, A., Fatikah, E. S. P., & Muhtarom, T. (2024). Studi Komparasi Pendidikan Karakter Di Negara Indonesia Dan Negara Jepang. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 4(2). https://doi.org/10.51878/academia.v4i2.3217
Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Gribig, Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5989
Ariyanti, F., Rustopo, R., & Setya Putri, A. D. (2019). Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17942
Darmansyah, A., Susanti, A., & Muktadir, A. (2023). Pembentukan Karakter Sportivitas melalui Kegiatan Outbound pada Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 206. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70158
Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD Sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43–53.
Fenti Nurjanah, Retno Triwoelandari, & M. kholil Nawawi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III(2).
Indrianto, N., & Sya’diyah, H. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik pada Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. Educare: Journal of Primary Education, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13
Iswandayani, H., Ningsih, S. W., Winata, B. P., Aqidah, M. F., Hanif, D. A., & Muhtarom, T. (2025). Peran Sekolah Alam Dalam Pengembangan Kakter Anak Di Jogja Green School. Jurnal Elementary, 8(1), 15–22.
Kalkautsar, M., & Ndona, Y. (2025). Kurangnya Sikap Cinta Tanah Air dan Bangsa pada Anak Sekolah Dasar Kajian terhadap Tantangan Pendidikan Karakter di Era Modern. Journal Research And Education Studies, 5(1). http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir
Kamal, R., & Khusna, S. (2023). Model PjBL Berbasis Entrepreunership pada Pembelajaran Tematik Materi Koperasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Membentuk Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 34–39. https://doi.org/10.31764
Karim Zuhartri Yunanto, A., Jamaludin, U., Rahman Hakim, Z. (2020). Proses Penguatan Karakter Percaya Diri Pada Siswa Melalui Metode Diskusi Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SDN Cilaku. Journal of Elementary Education, 4(2), 2614–1752. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/
Kencana Sari, F. F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62–76. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p62-76
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1).
Lalely, T. A. (2017). Pengembangan Karakter Kreatif pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tematik. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 341–353. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1223
Latifah, A. N., Khairani, M. D., Agustina, L. A., Nurchasanah, I. W., Diani, S. A. R., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1170–1181. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2601
Melati, Hustarna, Susanah, Heryanti, R., & Thabran, Y. (2022). Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Karya Abadi Masyarakat Universitas Jambi, 6(1).
Miritno, S. I., & Nadziroh, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Nasioanlisme Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Se-Gugus 02 Gondokusuman. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9174
Pristiwanti, D., Badriah, B., & Hidayat, S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-
Rahmasari, R., Harahap, S. A., & Herdyana, T. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Islam Terpadu NU Tanjung Baru T. A. 2022-2023. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 4(1), 51–55. https://doi.org/10.57251/ped.v4i1.1585
Ramdhani, S., Apriliani, A., Utami, C. S., Mailani, E. M., Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2025). Tantangan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02).
Ratri, M. A., & Atmojo, S. E. (2024). Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia. Wawasan Pendidikan, 4(1), 266–278. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16882
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274
Sianturi, R., & Ndona, Y. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Menghargai Keberagaman Suku dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal Research and Education Studies, 5(1). http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir
Siti Anisah, A., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 318. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005
Wahab, D. A. S., Ulya, N. M., & Susilawati, S. (2025). Aplikasi Prinsip Pembelajaran Tematik Penggalian Tema, Pengelolaan Pembelajaran, Evaluasi, dan Reaksi. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 959. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4253
Wati, E., Sari, W., Ibrahim, I., Rezeki, S., Maemunah, & Saddam. (2023). Dampak Modernisasi terhadap Sopan Santun Generasi Milenial. Seminar Nasional Paedagoria, 3.
Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1).