ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT

Isi Artikel Utama

Syahrida Aulia
Maria Desrina Sinaga
Nabila
Weni Widya Asriati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami materi sifat-sifat bangun datar. Materi ini menuntut kemampuan menganalisis bentuk dan mengenali ciri khas setiap bangun. Namun, banyak siswa masih mengalami kesalahan dalam menyebutkan jumlah sisi dan sudut, serta keliru membedakan bangun yang memiliki bentuk serupa, seperti persegi dengan persegi panjang atau belah ketupat dengan layang-layang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis hasil soal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar geometri dan minimnya penggunaan media pembelajaran visual. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih konkret dan interaktif agar siswa dapat memahami materi secara lebih mendalam.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aulia, Syahrida, Maria Desrina Sinaga, Nabila, dan Weni Widya Asriati. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3791–3797. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3887.
Bagian
Artikel

Referensi

Cruz, L.; Santos, M.; Pereira, J. (2023). The revisiting of the use of concrete manipulatives in teaching geometric figures: Evidence from primary classrooms. Frontiers in Education, 8, 1217680.

e Sousa, V. A. and Almeida, F. C. (2023). Kesulitan siswa dalam mengenali bangun datar: peran visualisasi dan manipulatif. Revista Portuguesa de Educação Matemática, 12(1), 45–59

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Kelipatan, K.-M., Terkecil, P., Kediri, A., Ajaran, T., Yuliana, E., Tarbiyah, F., Nurul, I. A. I., Kediri, H., & Barat, L. (2025). DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR ( FPB ) KELAS IV MI YUSUF. 11, 130–143.

Maulina, S.; Purwanto, A. (2022). pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 45–52.

nurfadilah, s.; nurjanah, d. (2023). analisis kesulitan siswa dalam memahami materi bangun ruang di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 5(3), 66–72

octaviani,K.D.; indrawatiningsih, N.;Afifah, A. (2021). kemampuan visualisasi spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri bangun ruang dan bangun ruang sisi datar. INTERNATIONAL JOURNAL OF PROGRESSIVE MATHEMATICS EDUCATION, 1.

Sihotang, R. R. I., Erika, N., & Br, E. (2024). Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Membedakan Materi Bangun Datar Pada Pembelajaran Geometri Di Sekolah Dasar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas. 8, 22837–22840.

Setiawan, D.; Nisa, K. (2021). PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEJAK DINI DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 15–20

Salsabila, N.; Susanto, H. (2021). Penggunaan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sd pada materi bangun ruang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(89–972).