ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA DIKELAS IV SDN 016 SUNGAI KUNJANG, SAMARINDA

Isi Artikel Utama

Gamar Al Haddar
Atita Atita
Andi Alif Tunru

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peran guru dalam membangun kedisiplinan siswa kelas IV di SDN 016 Sungai Kunjang Samarinda. Fokus masalah pada penelitian ini adalah peran guru dan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisis upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan disiplin siswa kelas IV SD Negeri 016 Sungai Kunjang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa guru menjalankan berbagai peran penting dalam pendidikan. Sebagai sumber pendidik, guru memberikan teladan dan perhatian. Dalam perannya sebagai pengajar, guru mengulang pembelajaran dan membantu siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Sebagai sumber belajar, guru mengarahkan kedisiplinan dan mengajarkan pentingnya berdoa. Dalam peran sebagai pembimbing, guru menciptakan suasana belajar positif dan melibatkan siswa secara aktif. Sebagai penasehat, guru menenangkan siswa, memberikan teguran, dan menciptakan lingkungan yang aman. Sebagai motivator, guru memberikan nasehat dan pujian. Sebagai evaluator, guru melakukan evaluasi diri untuk memahami kemajuan siswa dan memberikan perhatian khusus kepada yang kurang disiplin

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Haddar, Gamar Al, Atita Atita, dan Andi Alif Tunru. “ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA DIKELAS IV SDN 016 SUNGAI KUNJANG, SAMARINDA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Agustus 9, 2025): 2009–2013. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3892.
Bagian
Artikel

Referensi

kmaluddin, & Haqqi. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus) 1Akmaluddin,. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 144–151.

Dewi, I., & Alsa, A. (2019). dapriliawati,+07_Pengaruh+Pelatihan+Kedisiplinan+dalam+Meningkatkan+Disiplin+Belajar+Siswa+di+Sekolah+Menengah+Pertama_Ismira+Dewi+dan+As.pdf.

Wahidmurni, M. P. (2019). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. 11(1), 92–105.

Fajrie, N., Syafitri, D., Wahyu, M., Hanifah, N., & Septyani, L. A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa Kelas IV Di SD 1 Gribig Kudus. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(2), 61–65.

Masrur, M. (2023). Analisis peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa sekolah dasar islam darul huda genuksari.

Nayla. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan pada Siswa SDN 28 Bisang. MAHAGURU:Jurnal PGSD, 4(1), 79–86.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Putra, H. M., Setiawan, D., Fajrie, N., & Artikel, S. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas Info Artikel. 3(1).

Putri, W., & Kurniawan, M. A. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa ( Studi Kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor ). 4, 1–14.