PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA PEBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KATA HUBUNG KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan Teknologi Informasi membawa perubahan yang cukup signifikan terutama di bidang Pendidikan. Tak hanya peserta didik yang turut mengaplikasikan teknologi, seorang guru juga dituntut untuk mampu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan batuan teknologi. Inovasi yang dapat diaplikasikan salah satunya dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa kuis interaktif berbasis PowerPoint dalam materi kata hubung sebagai alat bantu guru yang mudah diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Produk yang sudah dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dipraktikan di SD Negeri 1 Jepun dengan 29 peserta didik. Validasi dari ahli media memperoleh skor persentase 95% yang menunjukan bahwa media masuk dalam kategori “sangat valid”, sedangkan validasi dari ahli materi juga mengapatkan skor persentase 95% menunjukan materi dalam media tersebut juga “sangat valid”. Dalam praktik penggunaanmya media pembelajaran kuis interaktif berbasis PowerPoint juga mendapatkan skor persentase angket sebesar 91,6% dari jumlah 29 peserta didik dan 95% dari guru, sehingga dapat dikategorikan “sangat baik”.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.
Ardiansyah, R., Harjanti, F. D., Pendidikan, P., Indonesia, B., Wijaya, U., Surabaya, K., Koordinatif, K., & Bipa, P. (2023). Penggunaan Konjungsi Dalam Berbahasa. 11(2), 3–6.
Fitrianti, E., Annur, S., Magister MPI, P., & UIN Raden Fatah Palembang, F. (2024). Revolusi Industri 4.0: Inovasi dan Tantangan dalam Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Culture, 4(1), 28–35. https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jec/index
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index
Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2020). Pelatihan Aplikasi Microsoft Powerpoint Bagi Guru Dan Staf Sd Negeri 010240 Pematang Cengkring Kecamatan Medang Deras. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147–154. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.516
Kafi, M. N., & Purnamasari, N. L. (2024). Pengembangan Media Interaktif berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMKS Veteran 1 Tulungagung. 3(3), 195–205.
Khaerunnisa, F, YYFR. Sunarjan2, H. T. A. (2021). https://journal.unnes.ac.id/. 6(1), 39–52.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Manalu, P. E. ruth B., Tamba, L., Gultom, C. R., & Hasibuan, A. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Pada Karangan Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Swasta St Yoseph Tahun Ajaran 2022/2023. Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.25
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Respository LPPM Unila, 10, 1–8.
Mutma’inna, A. (2024). pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis aplikasi assemblr edu pada materi tata nama senyawa.
Muzhiroh. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat). Jurnal Ecodemica, 25–30, 35.
Nanggala, A., & Indonesia, U. P. (2020). Peran Generasi Muda Dalam Era New Normal. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 81–92. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/3827/3243
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pertiwi, Ayu, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah.
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42
Rapi, M. (2020). Gambar P Erspektif Memahami Konsep Dan Prinsip. Makassar : Badan Penerbit UNM, 1.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, January, 0–16. http://eprints.umsida.ac.id/6400/
Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widhiarso, W. (2010). Pengembangan Skala Psikologi : Lima Kategori Respons ataukah Empat Kategori Respons ? 1–5. http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_-_respon_alternatif_tengah_pada_skala_likert.pdf
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z Dan Revolusi Industri 4.0 (Vol. 1).
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963