PARADOKS PENINGKATAN LITERASI SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR: KAJIAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengkaji fenomena paradoks dalam peningkatan literasi siswa kelas rendah sekolah dasar menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Paradoks muncul ketika hasil evaluasi literasi secara administratif menunjukkan peningkatan, namun kemampuan literasi fungsional siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hambatan dan strategi yang diterapkan dalam penelitian sebelumnya terkait literasi siswa SD kelas rendah periode 2020–2025 di Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan meta-sintesis terhadap 27 artikel terpilih. Hasil analisis menunjukkan dominasi pendekatan literasi otonom, yang lebih menekankan keterampilan teknis dibanding literasi sebagai praktik sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mengatasi paradoks tersebut, pendekatan literasi ideologis yang kontekstual dan partisipatif perlu dikembangkan..
Kata Kunci: Literasi, Paradoks Literasi, Siswa Kelas Rendah, Tinjauan Literatur Sistematis, Literasi Ideologis.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920
Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran Project Based Learning – Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Sekolah Dasar. 1(1), 35–42.
Amin, H., Ibrahim, C., Handayani, R., Halu Oleo, J., & Author, C. (2023). Kemampuan Literasi Media Siswa Tunanetra Sekolah Dasar Slb Mandara Sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Membaca Di Kalangan Anak-Anak. Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi UHO, 3(3), 128–141. https://doi.org/10.52423/jlpi.v3i3.43242
Amir, A. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Pedesaan. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 55–62. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JIMi/55
Amri, S., Rochmah, E., & Cirebon, U. M. (2021). Pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. 13(1), 52–58.
Aprilia, D., & Wardana, M. D. K. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi di Kelas II Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/404
Aulia, A. S., Maghfiroh, N., & Faruq, A. Z. (2025). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 5(20), 318–324.
Budiyono, Nuswantari, & Aurel, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Pembelajaran Flashcard Guna Mempercepat. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–6. http://jurnaledukasia.org
Dwi Prasetyo, A., Patmisari, K., & Prasetyo, A. D. (2024). Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Media Teknologi untuk Meningkatkan Literasi Digital bagi Siswa Sekolah Dasar. JIKM. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i2
Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
Fitriani, Y., & Aryani, Z. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi di Kelas Rendah pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Insan Cita Pendidikan. https://iceni.org/index.php/iceni/article/view/60
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Sekolah Dalam Mendukung Kemampuan Karya Tulis Siswa. In JIGE (Vol. 202, Issue 2).
Gea, E., Rukmanti, F., Mulianti, D., Manik, B., & Hulu, A. D. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3).
Gede Wiratmaja, I., Elisa, E., Nyoman, I., & Nugraha, P. (n.d.). Penguatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Jenjang Sekolah Dasar Melalui Pengembangan Perpustakaan Digital Mandiri Berbasis Web Aplikasi Strengthening
Gyta, D., Harahap, S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(2), 2089–2098.
Hartawan, I. N. B., Dirgayusari, A., & Da. Lopez, F. (2024). Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 262–271. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352
Hidayanti, I., & Wulandari, F. (2023). The Effect of Problem-Based Learning Based Ethnoscience on Science Literacy Ability of Elementary School. Edunesia : jurnal Ilmiyah Pendidikan 4(3), 967–982.
Hasanudin, H., Idris, I., Mahendra, F. E., Hartanti, R., & Hasyim, R. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Melalui Phonic Learning Di Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(4), 397-403.
Ifrida, Farhana, et al. "Pengembangan dan peningkatan program kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2023): 1-12. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/94
Ika, Y. E., Sumarding, M. N., & Noge, M. D. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Negeri Jarak. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 131–137. https://doi.org/10.37478/mahajana.v6i1.4713
Istiningsih, S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2023). Workshop Teknik Pembuatan Collase Berbahan Dasar Alam Berbasis Etnopedagogi Sasambo Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(3), 196–202. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i3.282
Kadek Andin Dwi Pratiwi. (2024). Peran Parent Involvement Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca-Menulis Siswa Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 8(2), 176–185. https://doi.org/10.55115/purwadita.v8i2.54
Bskap, K. (2022). Salinan keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 008. Kemendikbudristek BSKAP RI, 21.
Laila, C. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kosa Kata Siswa Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Nahdiyah, U., Zamroji, N., & Fauzan, A. C. (2023). Pendampingan kegiatan literasi dalam upaya meningkatkan minat baca siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Doko. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 109-114.
Handayani, N. N. L. (2019). Determinasi Kegiatan Membaca Mandiri dalam Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Nasional, 15-23.
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019, April). Indonesia PISA result and impact on the reading learning program in Indonesia. In International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018) (pp. 373-377). Atlantis Press.
Sela, M. P. W., Dhiu, K. D., & Kua, M. Y. (2024). Pendampingan Kelompok Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Woloede Kecamatan Mauponggo untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 263-268.
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/939
Ramadhani, F. N., Huda, M., & Fitriyya, M. (2025). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. JIKM, 5, 53–67. https://doi.org/10.56972/jikm.v5i1.213
Regina Bhala, M., Nua, M., Maria Fono, Y., Yuliana Kua, M., Citra Bakti, S., & artikel Abstrak, H. (2025). Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata Stkip Citra Bakti Pendampingan Festival Literasi Numerasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.38048/jckkn.v3i2.3380
Rianita, N. M., Pd, S., Radharani, S., Oktapiani, N. K. A. T., Damayanti, L. S., & Pujiswari, M. A. (2023). Penerapan latihan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kemampuan belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 3(6). http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/538
Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa PGSD FKIP universitas muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15320
Sartika, A., Hisyam, M., Yanizon, A., Ashari, E., & Husna, A. (2024). Pendampingan Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Dan Jiwa Nasionalisme Siswa-Siswi Sekolah Dasar Di Pulau Seraya. In Seminar Nasional (Semnas) Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) (Vol. 1, No. 1, pp. 198-210).
Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., ... & Sembiring, A. (2024). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75-80.
Sipayung, T. N., Simanjuntak, M. R., & Silitonga, E. A. (2022). Sharing Session Sebagai Upaya Pendampingan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi-Numerasi Siswa SD. Madaniya, 3(4), 1069-1079. https://www.madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/330
Street, B. V. (1984). Literacy in theory and practice (Vol. 9). Cambridge University Press.
Suri Husni Nuraeni 1, A. S. (2023). Penggunaan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 835–842.
Vaismoradi, M., Jones, J., Turunen, H., & Snelgrove, S. (2016). Theme development in qualitative content analysis and thematic analysis. Journal of Nursing Education and Practice, 6(5). https://doi.org/10.5430/jnep.v6n5p100
Yudiana, K., Putri, N. N. C. A., & Antara, I. G. W. S. (2023). Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 540–547. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.69790