UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I UPT SD NEGERI BATURETNO 1
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 di UPT SD Negeri Baturetno 1 Tuban dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan platform pembelajaran digital EducaPlay merupakan tujuan utama kajian ini. Dengan memakai Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Masing - masing siklus terdiri dari planning, action, observasi dan reflection. Kajian ini melibatkan 13 siswa kelas 1, terdiri dari 4 siswi dan 9 siswa yang memahami materi Bahasa Indonesia. Hasil yang ditunjukan dari kajian ini yaitu pengguna media Educaplay dapat mengembangkan hasil belajar siswa. Di siklus I, presentase siswa yang memperoleh tujuan pembelajaran sebesar 53,84% (7 siswa), di siklus II meningkat menjadi 84,62% (11 siswa). Selain itu, hasil observasi telah mengungkapkan bahwa semangat dan partisipatif aktif siswa dalam pembelajaran meningkat, demikian pula nilai mereka pada setiap evaluasi. Peneliti menemukan bahwa pengguna media pembelajaran digital Educaplay mengalami peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Bahasa Indonesia sekaligus peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa untuk belajar. Media digital Educaplay di kelas disarankan kepada pihak guru untuk dapat digunakan gua memperoleh hasil terbaik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agdiyah, A. F., & Mustopa, S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Educaplay pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SD. 2(6).
Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Azizah, N. A., & Ayuni, N. M. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EDUCAPLAY PADA MATERI “TANDA SERU” KELAS 2 SD NEGERI PLAOSAN. 5(1), 192–202.
Latif, A., Markhamah, Rachmawati, L. E., & Minsih. (2025). Eksplorasi inovasi pembelajaran bahasa indonesia berdiferensiasi melalui pendekatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Rosalinda, Ulfa, S. D., Annisa, S., Febrianita, T., Arindy, W. Dela, Yanti, Y. F., Madang, K., & Maryanti, A. D. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Educaplay Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Educaplay Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. October 2024.
Rosna, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
Sarpriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 2(1), 470–477.
Selfiyanti, Yuliastuti, & Razak, N. K. (2024). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Peserta didik pada Materi Enam Benua di Kelas VI SD dengan Penerapan Platform Pembelajaran Interaktif Educaplay Pendahuluan. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7(2).
Sunardi, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Hukum Termodinamika dengan Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 14 Tebo Rudi. Jurnal Literasoilogi, 5(2), 49–60.
Suryaningsih, R., & Dahlan, Z. (2025). Pengaruh Media Interaktif Educaplay terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2).
Umami, A. I., Irawati, E., & Swastika, I. K. (2024). Penggunaan Media GESUKA “Gelas Suku Kata” untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Suku Kata. Teaching, Learning and Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.27
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843