PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

Isi Artikel Utama

Rismawati
Kiki Fatkhiyani
Ririn Andriani Kumala Dewi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan video animasi terhadap berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa serta melihat respon siswa terhadap penerapan model problem based learning yang diintegrasikan dengan video animasi pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri 1 Kedung Dalem Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode quasy exsperimental design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Kedung Dalem Tahun pelajaran 2024/2025. Dengan menggunakan teknik purposive sampling ditetapkan kelas 5A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 dan 5B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL berbantuan video animasi terhadap berpikir kreatif siswa hal ini terlihat dari nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, selain itu nilai thitung > ttabel dengan nilai 4.077 > 2.008. hal ini menunjukan bahwa Ha diterima Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL berbantuan video animasi terhadap keterampilan kolaborasi siswa hal ini terlihat dari nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, selain itu nilai thitung > ttabel dengan nilai 4.077 > 2.008. hal ini menunjukan bahwa Ha diterima Ho ditolak. (3) terdapat pengaruh yang positif dari penerapan  pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan video animasi pada mata pelajaran IPA dengan nilai rata-rata 83,24%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning berbantua video animasi terhadap berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa serta terdapat pengaruh positif dari penerapan pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan video animasi pada mata pelajaran IPA.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rismawati, Rismawati, Kiki Fatkhiyani, dan Ririn Andriani Kumala Dewi. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2996–3013. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3923.
Bagian
Artikel

Referensi

Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306

Aiwan, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Teori-teori belajar bermunculan Teori Belajar Muncul Bersamaan Dengan Teori Belajar Kognitif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 302–311. https://doi.org /10.37304/ jikt.v 14i2.238

Akbar, S. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar Guru: Pembelajaran Dan Karya Guru, 2(2), 189–195. https://ejourna l-leader.com/index.php/pakar

Anjelita, K., & Supriyanto, A. (2024). Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(1), 916–922. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822

Arifiana, M., Ningrum, M. C., Haka, N.B., & Astuti, Y. (2022). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA Creative Thinking And Collaboration Skills : Improved Learning With The CORE Model Of Biology Subjects Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi : Pembelajaran dengan Model CORE Pada Mata Pelajaran Biolog. 12(2), 255–269. https://doi.or g/10.21580/phen.2022.12.2.12359

Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Phys ics Education Journal, 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41

Artika, L. Y., Uyun, M., & Isnaini, M. (2023). Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Project Based Learning. Raudhah Proud To Be Professionals Journal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 299–311. https://doi.org/10.48094/raud hah.v8i.291

Azmi, U., Siswono, T. Y. E., & Prastiti, T. D. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa SMA pada materi program linier. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 14-33. DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7569

Awwalina, L. S., Karman, K., Ilma, M. U., Basyari, Z. A. S., & Agustin, U. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Multiple Intelligences Berbasis Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdn Sukajadi. Attadib: Journal of Ele mentary Education, 7(3). DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v7 i2. 2688

Budi, G. S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning pada Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 353–361. https://chem-upr.educa tion/ojs/index.php/JIKT

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 21-27 https://doi.org/10.26877/mpp.v1 6i1. 12050

Devi, R. S., Mulyasari, E., & Anggia R, G. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 517–526. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.669

Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika pendahuluan Di era modern ini , kolaborasi menjadi keterampilan krusial yang perlu dimiliki setiap individu . Bersama dengan ke. 9(9), 261–276. https://dx.doi .org/10.25157/ teorema.v9i2.16341

Dianova, F. R., & Anwar, N. (2024). Analisis Butir Uji Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda Soal Sumatif Bahasa Arab SD Islam. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 1-13. https://doi.org/10.47134/jbdi .v1i3.2863

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.136

Ermas Safitri, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas III. Indonesian Journal of Innovation Science and Know ledge, 1(1), 176-184.8, 140–153. https://doi.org/10.31004/ijis k.v 1i1 .32

Fadiyah Andirasdini, I., & Fuadiyah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33827

Fadliya, T. N., Putri, N., & Huda, M. (2024). Pbl berbasis inkuiri dalam pembelajaran ipa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif yang holistik. Seminar Nasional IPA XIV, 653–659. https://pro ceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/3758/3197

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10. 31980/plusminus.v2i1.1521

Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531–536. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8416

Fitri, S. W., Nofitri, N., Shay, W., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Konteuktivisme Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran PAI. Education and Learning Journal, 2, 434–439. https://doi.org/10.69673/5ztsxz61

Fitriani, F., & Jusra, H. (2024). Penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 167–176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.19094

Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900

Gulo, F., Laia, A., & Ndruru, K. (2022). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X Iis-B Sma Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.430

Habibullah, M. R., Yulia, N. M., & Fitriyana, W. N. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 321–332. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2241

Hafzah, N., Puri Amalia, K., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.2243 7/bio.v6i4.8958

Hakim, L. N. (2022). Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 5(5), 1311–1316. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Halik, A., Resa, A., & Ilmi, N. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2020), 12–28. https:/journal.unm.ac.id/index.php/juara/ article/view/3310/2129

Hamta, F., & Putri, R. S. A. (2019). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen Dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu Karyawan Pt. Batamec. Measurement : Jurnal Akuntansi, 13(2), 156. https://doi.org/10.33373/mja.v13i2.2181

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri, 14(7), 12–21. http://ej urnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359

Indiyanti, C. E., Sumarno, S., & Mahyangsari, P. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal Of Social Science Research 4(4), 12580–12590. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13880

Indriyani, E., Sembiring, B., & Joko, A. (2025). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Pembelajaran PAK BP Metode PBL Berbantuan Video Kelas VII SMP Negeri 3 Juhar Tahun 2024 / 2025 .Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2). https://doi.org.10.55606/semnaspa.v5i.2335

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https: // doi . org/10.36989/didaktik.v7i01.738

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 83-87.https://doi.org/10.30599 /jipfri.v1i2.144

Jarnuji, K. (2024). Sikap Bahasa Siswa MAN 1 Kota Serang Dan Implikasinya Terhadap Berpikir Kreatif. Educate: Journal of Education and Culture, 2 (2), 348-356. https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.123

Jauhari, S. F., Purnamasari, V., & Purwaningrum, M. R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.391

Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, R., Andy, Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behaviorostik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 404–411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174

Kharismawati Putri, R., Samsiyah, N., & Sri Maruti, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 1, 1440–1448. http://prosiding. unipma.ac.id/index . php/senassdra

Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina, S. (2021). Problem Based Learning (PBL) pada topik struktur atom: Keaktifan, kreativitas dan prestasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813-2823. https: //doi. org/10 .15294/jipk.v15i2.24866

Kholidah, Hidayat, Jamaludin, Leksono. (2023) Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa Sd Chanos Chanos).Melalui Sate Bandeng. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2. 8449

Kurniawati, E. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Kemandirian Karir Peserta didik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9(1), 113–118. https://doi.org/10.24 905/cakrawala. vi0.173

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Laviana Aunil Malik, & Binti Maunah. (2023). Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran IPS Guna Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(3), 193–212. https://doi.org/10.56910/jis pendiora.v2i3.1000

Lumbantobing, E., Melati, R., Silaen, P., & Turnip, H. (2024). Iktisar Teori-teori Belajar. 1(1), 1–8. https://doi.org//10.29303/jcar.v6i3.8477

Marita, B., Jamaluddin, J., & Rasmi, D. A. C. (2023). Hubungan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMAN di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1850–1858. https://doi.org /10.29 30 3/jipp.v8i3.1576

Medriati, R. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013, 131–139. http://jur nal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/viewFile/727/546

Meylinda, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 196–203. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17871

Minahasa, K. (2024). Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa di SDN 110 Lura. Journal Scientific of Mandalika, 24(7), 28–42. https://doi.org/10.36312/10.36 312/vo l5iss12pp496-501

Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 56–62. https:// ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1051/758

Muchsinin, & Rahmawati, T. (2020). Teori Hipotesa dan Proposisi Penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 188–203. https://jurnal.stitnu alhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view /754 /57 0

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nana, M. B. N., Simarmata, J. E., & Hijriani, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,7(1),9-18. https://doi.org/10.37478/jupika.v7i1.37 42

Nasution, F. U., Amanda, N., Galingging, P. I., & Arwita, W. (2024). Permasalahan Kolaborasi Siswa dengan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 14 Medan. Nnovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9800–9807. https://doi.org/10.31004/innovative. v4i 3.11507

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.3772 9/jips.v2i2.1403

Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangore jo. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/biology.v1 i2.1964

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Sharia Econom ica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Putra, I. G. N. A., Kristiantari, M. G. R., & Wiarta, I. W. (2024). Media Video Animasi yang Layak dan Efektif diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 101–107. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.74473

Rahayu, S., Priamiasih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 132–143. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index. php/ jp2ea/article/view/330/310

Rahayu, V. A., Haryani, S., & Dewi, S. H. (2019). Keefektifan Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Chemistry in Education, 8(2), 1–5. http:// journal.unnes.ac.id/s ju/in dex. php/chemined

Rahmadhani, P., & Ardi, A. (2024). Studi literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1 SE-Articles of Research), 5153–5162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13097

Rahmawati, S., Manggalastawa, & Suhirno. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sd N 1 Ternadi Kudus Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 32–39. https: //ejr.umku .ac.id/index.php/jaip/article/view/2235/1272

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Evaluasi Tingkat Kesukaran Soal Pada Buku Paket Bahasa Indonesia Di Smk Muhamadiyah Paguyangan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 195–222. https:// doi.org /10.12 01/9781032622408-13

Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(1), 103-108. DOI: https://doi.org/ 10.31764/orbita.v7i1.3832

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu .v6 i3 . 2578

Rosiana, S., Rosmaiyadi, R., & Setyowati , R. . (2024). Pengaruh Model PBL Be rbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA . Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 82–94. https://doi.org/10.21137/sjes.2024 .4.1.8

Rosid, M. (2019). Analisis Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 195–201. https://core.ac.uk/download/pdf/305076895.pdf

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Salsabila, R. T., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251–264. https://doi.org/ 10.31980/plusminus.v3i2.2974

Sari, S. M., & Juniarso, T. (2025). Pengaruh Model Pbl Menggunakan Media Video Interaktif Berbasis Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Pada Materi Rantai Makanan Di Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 112-123. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22936

Selawati, S., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2024). Analisis Karakter Kerjasama Siswa Dalam Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar: penelitian ekstrakurikuler. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3537-3549. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12668

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sitorus, I. S., & Irsan, I. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 137958 Tanjungbalai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 9136–9149. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13772

Suaedah, S. (2023). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Smas Yapemri Depok. Research and Development Journal of Education, 9(1), 497. https://doi.org /10.30998/rdje.v9i1.17064

Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Jurnal Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48–58. https://doi.or/10.55115/widyakumara.v1i2.931

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In 2 (pp. III–434).

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koope ratif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 20 37–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Sundari, E. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Ips Di Sd. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. 10.9644/ sindoro .v3i9.252

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip .v7i1.2281

Utami. (2024). Peningkatan Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Cendekiawan, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v6i1.429

Wijayanto, A. (2024). Operasionalisasi Model, Metode, dan Strategi Pembela jaran, akademia pustaka: Tulungagung. https://doi.org /10.5281/zenodo.13 864554

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). ModelPe mbelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satu an Pendidikan. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3 .2 4 63

Zainal, N. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650

Zali Yanti, I., & Negeri Yogyakarta, U. (2023). the Influence of the Problem Based Learning (Pbl) Learning Model on Improving the Learning Outcomes of Dadar School Students in Science Learning. Scholastica Journal, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.31851/scolastika.v6i2.13919