UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA RODA PUTAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS VI DI UPT SD NEGERI SIDOMULYO 2 TUBAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Studi ini ditujukan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas VI UPT SD Negeri Sidomulyo 2 Tuban melalui penerapan media pembelajaran roda putar pada materi rotasi dan revolusi bumi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Riset berlangsung dalam dua siklus dengan menerapkan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasilnya, implementasi media belajar roda putar bisa menunjang hasil pembelajaran di kelas VI UPT SD Negeri Sidomulyo 2. Peningkatan hasil belajar dibuktikan melalui kenaikan tingkat ketuntasan dari siklus I sebanyak 53,33% menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan media belajar roda putar bisa menunjang hasil pembelajaran siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084
Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas Iv Sdn 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.718
Chamalia, N., Nurhayati, E., & Dewi, G. K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11002–11009. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5453
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Gusman, Y. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Banyubiru 01. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Lestari, S. (2023). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2022 / 2023, 1–9.
Maisaroh, K., & Surya, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar pada Materi Perubahan Sosial Budaya untuk Siswa Kelas VI SDN Katerban 2. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran, 128–136.
Marzuki, E., Irfan, M., & Hermuttaqien, F., P., B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Motivasi Belajar Muatan IPA pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal Of Education, 11(1), 79–89.
Nengtyas, S. R., Akhwani, Mujiadi, & Salwah, D. (2023). Penggunaan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Krian 4 Sidoarjo. National Conference For Ummah (NCU), 2(2), 42–46. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1195/782
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Rika Widianita, D. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA 3D PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS VI MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH PANCAKARYA AJUNG JEMBER. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Rosna, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yuniawatika, Y., Mashuri, M. F., & Hadisurya, S. P. Y. (2023). Meta Analisis: Efektivitas Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/md.v19i1.57130