UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS V SDN 066666 MEDAN DENAI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SDN 066666 Medan Denai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V SD. Instrumen pengumpulan data berupa observasi keaktifan siswa yang diukur melalui lima indikator utama, yakni bertanya, menjawab pertanyaan, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi dan penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada setiap siklus, dimana rata-rata skor keaktifan siswa meningkat dari 11,48 (45,92%) pada pra-tindakan menjadi 16,48 (66%) pada siklus I, dan mencapai 21,24 (84,96%) pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan bahwa penerapan model PJBL efektif dalam mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning direkomendasikan untuk digunakan sebagai strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andriani, L. H., Aras, L., & Fitri, M. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Melalui Model Project Based Learning (PJBL). Global Science Education Journal, 103-109.
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 144–161
Hadi, M. F., Mariono, A., & Kristanto, A. (2022). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas X Di MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).
Hakim, A., Ritha, T., & Irfan, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PINIS Journal Of Education. 1(2), 142-167
Harahap, R. R. (2023). Pendekatan project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas x di sma swasta kartika 1-4 pematangsiantar. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 1–7.
Imenda, E. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SDN 187/1 Muara Bulian. Skripsi. Universitas Jambi.
Mayada, T.L., dkk (2024). Efektivitas Penggunaan Model PJBL Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas II SD . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 841–855.
Mustari, F. (2021). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Poster Siswa Kelas V SD Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Pratiwi, N.R., Pance, M.J., Arief, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Peserta Didik Kelas IV UPT SDN 162 Gresik. National Conference For Ummah(NCU), 1(1), 160-165
Primartadi, A., Suyitno, S., Widiyatmoko, W., Kurniawan, A., & Efendi, Y. (2022). Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode project based learning. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 173-179.
Rofiqoh, H. Y., & Sri, E. W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD. Journal of Language, Literature, and Arts, 5(1), 63– 73.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79-83
Setyaningsih, E.R., dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melaluı Model Project Based Learnıng Kelas IV UPT SDN 166 Gresık. National Conference For Ummah(NCU), 1(1), 301-307
Sulifah, A., Titik, N., & Elly, M. (2025). Upaya Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Kelas IV. Journal of Science And Education Research, 4(1), 35– 39.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.
Yulianto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448–453.