PENGARUH PENGGUNAAN WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN TEHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS KELAS V SD NEGERI

Isi Artikel Utama

Resy Yunita Pulungan
Alpidsyah Putra
Maisarah

Abstrak

Motivasi belajar sangat dibutuhkan karena memicu semangat dalam mencapai tujuan Pendidikan. Motivasi berperan penting untuk mendorong, memperkuat, serta mengarahkan jalannya pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Wordwall sebagai alat evaluasi pembelajaran dapat memengaruhi motivasi belajar dalam mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis Pre Eksperimental Desain Intact Group Comparison. Populasi penelitian terdiri dari 40 siswa kelas V SDN 2 Meurandeh, dengan besaran sampel 20 siswa. Penelitian ini menerapkan teknik total sampling pada pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, dan dianalisis melalui pendekatan deskriptif dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penggunaan Wordwall sebagai alat evaluasi pembelajaran berpengaruh pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS, hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis Ha diterima dan Ho ditolak. Dari penelitian ini maka disarankan kepada guru dan peneliti lainnya untuk menggunakan Wordwall   sebagai evaluasi pembelajaran atau alat evaluasi lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pulungan, Resy Yunita, Alpidsyah Putra, dan Maisarah. “PENGARUH PENGGUNAAN WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN TEHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS KELAS V SD NEGERI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3629–3640. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4107.
Bagian
Artikel

Referensi

Aprilia, R., & Hartutik. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi Hartutik1,. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1525–1540. https://ssed.or.id/contents/article/view/564

Asnawi, Mulyahati, B., Ayudia, I., Fransyaigu, R., & Kenedi, A. K. (2024). Pemanfaatan kearifan lokal Aceh melalui penyusunanmodul ajar Kurikulum Merdeka. Journal of Human and Education, 4(5), 863–869. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1633

Asnawi, Mulyahati, B., Usman, U., & Aprilia, R. (2023). Pemanfaatan Wordwall Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru-Guru Di Kota Langsa. Journal Of Human And Education …, 3(3), 62–68. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/321%0Ahttps://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/321/186

Atikasari, M., Nur, A., Nisa, S., & Watoni, N. (2024). Media Puzzle Pada Pelajaran IPS. 6(1), 19–27.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Faridah, E. D., & Anwar, K. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Bumiayu Kabupaten Brebe. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 6(2), 152–160. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v6i2.1027

Fikriansyah, M., & Layyinnati, I. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 4(2), 1–34. https://doi.org/10.37286/jmp.v4i2.248

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Fransyaigu, R., Afrilita, N., & Sukirno. (2019). Penerapan Media Audio-Visual Berbasis Adobe Flash Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 75–89.

Fransyaigu, R., Ayudia, I., Arpilia, R., Mulyahati, B., & Kiswanto, A. (2024). Inovasi Media Augmented Reality Dalam Mengoptimalkan. 4(5), 878–885.

Fransyaigu, R., & Mumtazillah, R. (2018). Penerapan Inquiri Moral Pada Tema “Persatuan Dalam Perbedaan” Untuk Mengembangkan Karakter Nasionalis Siswa. 1, 21–29.

Fransyaigu, R., Ramadhani, D., Hidayat, M. T., Mulyahati, B., & Kenedi, A. K. (2020). Desain Layanan Bimbingan Konseling dalam Membudayakan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Frasyaigu, Ronald Ramadhani, Dini Taufik Hidayat. Muhammad Mulyahati, Bunga Kenedi, Ary Kiswanto, 1(3), 131–136.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminat Nasional Paedagoria, 3, 527–532. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16858/pdf

Mahlianurrahman, M. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Implementasi Metode Inquiry Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5335

Mahlianurrahman, M., Febri Rafli, M., Aprilia, R., Putra, A., & Auliaurrahman, A. (2023). Pelatihan Menyusun Program Kerja Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Sekolah Aman Dan Nyaman. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 78–82. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.8271

Mahlianurrahman, M., Rafli, M. F., & Oktari, S. W. (2025). Pendampingan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 347–357.

Maisarah. (2023a). Media Digital (Vol. 3, Issue 1).

Maisarah. (2023b). Penerapan Guided Inquiry Model Pada Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. 2, 142–147. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/16132

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314

Maisarah,. (2024). Pengembangan Lkpd Interaktif Berbantuan Liveworksheets Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya. Lantanida Journal, 12(1), 46. https://doi.org/10.22373/lj.v12i1.23070

Maisarah., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151

Maisarah., Maolida, N., & Prasetya, C. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 44. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.2932

Maisarah, Prasetya, C., Lailissa’adah, & Mulyani. (2024). Digitalisasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 91.

Mulyahati, B., Ayudia, I., & Fransyaigu, R. (2025). Profil Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Penggunaan Chroomebook di Kota Langsa. Journal of Social Science Research, 5, 999–1008.

Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2018). Desain Inkuiri Moral Dalam Pembentukan Karakter Nasionalis Siswa Sd. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 10. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.25644

Nabila, P., Faizzah, N., & Roosyanti, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS SDN Pakis V Surabaya. 4, 13520–13526.

Nafian, R. K., Widayanti, U. A., & Rahmawati, I. (2024). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 747–750.

Pratama, H. N., Harsono, T., & Program. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Sunggal. Internasional, 4(7), 12914–12924.

Putra, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 68–74. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Putra, A., Rafli, M. F., & Indiani, M. Z. (2024). Pengaruh Metode STEAM Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SD Negeri 10 Langsa. Jurnal PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 3(2),1–8. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh

Putra, A., & Trilawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gampong Teungoh Langsa. Journal of Basic Education Studies, 1(2), 8–13.

Putri, F. S., & Anwar, K. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flipchart Dilengkapi Quick Response ( Qr ) Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Negeri 41 Semarang. 1(7), 79–91.

Rafli, M. F., Mahlianurrahman, M., Sari, C. K., & Syarah, M. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis Digital Dalam Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Komunitas Belajar Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 650–657. https://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1528

Rafli, M. F., & Yanti, S. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Langsa Lama. Journal of Basic Education Studies, 5(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/7314

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Ramadhani, D., Aprilia, R., Fitria, D., Mulyahati, B., & Ayudia, I. (2024). Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Lokal Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 148. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10125

Rindiantika, Y. (2022). Motivasi Belajar siswa dan Pemanfaatan Media Wordwall. 9(September), 356–363.

Sahudra, T. M., Kenedi, A. K., Syntia, R., Sutrisno, I. H., Sitepu, I. A. B., & Ardiansyah, T. (2023). Pelatihan Pengembangan Dan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Kurikulum Merdeka Bagi Guru Smp. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 381–392.

Sahudra, T. M., Sari, R. M., Urfan, F., & Ridhwan, R. (2024). Penguatan Kompetensi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Teknologi Digital Berbasis Website Terintegrasi pada Guru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 90. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9791

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716

Salu, C. tandi, Nurhaedah, & Tangkelayuk, A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik. 4(2), 337–344.

Sari, C. K. (2024). Urgensi Pemahaman Konsep Dasar IPS Bagi Mahasiswa PGSD. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13788

Sijabat, M. P., Hutabarat, K., Sitorus, L., & Daulay, M. A. J. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2562–2572. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6785

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. setiawami, S.H. (ed.); 2nd ed.).

Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Sukirno, & Aprilia, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar IPS Berbasis Sejarah Lokal Melalui Pendekatan Lingkungan Di Kelas IV SD Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 178–190.

Sukirno, Ramadhani, D., & Wurjani, D. (2020). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 68–78.

Warti, K., Riyoko, E., & Irawan, D. B. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 137 Palembang. 10(2), 321–336.

Widyastuti, S. R. (2019). BAHAN AJAR STATISTIKA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996