PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HER (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa, di mana sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memberikan ruang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Strategi Active Learning tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dipandang relevan karena mendorong keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar IPAS siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas 42 siswa kelas V, dengan kelas VB (20 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC (22 siswa) sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai berjumlah 10 soal yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen (82,15) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (58,45). Uji hipotesis dengan Independent Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Active Learning tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). Doi: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Aprilia, W., & Ansori, Y. Z. (2020). Penggunaan Model Everyone is a Teacher Here dalam meningkatkan hasil belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 270-277). Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/331
Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Husnah, A., Fitriani, A., Patricya, F., Handayani, T. P., & Marini, A. (2023). Analisis materi IPS dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1), 57-64. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6749
Molkan. (2023). Penerapan Bimbingan dalam Meningkatkan kemampuan Guru Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN 12 Dusun Besar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 26-39.
Putri, G. A., Maulana, I., & Nurmadani, K. (2025). Analisis permasalahan Rendahnya Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 198/I Pasar Baru. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 556-562. https://dx.doi.org/10.60132/jip.v1i1.9
Rahmadhea, S. (2024). Penerapan Metode Aktif Pembelajaran Sains Terhadap Pemahaman Siswa. JSE Journal Sains and Education, 2(1), 19-25.
Ramadhan, Z. S., & Purwaningsih, S. M. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI SMA Labschool UNESA.
Santosa, A. D., & Izdaharo, A. D. (2022). Implementasi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(3), 64-75. https://doi.org/10.2906/salimiya.v3i3.705